Mengenal Lebih Dekat Website, Webpage, Domain dan Hosting

Kumpulan Artikel Populer | Anwariz.com - Website yang selama ini kita sering dengar di internet atau anda mendengar dari teman anda, rupanya belum tentu semua orang mengerti tentang yang namanya website atau webpage. Apalagi ditambah dengan kata blog atau domain yang notabennya adalah bagian atau fitur dari komponen website sendiri. Secara sederhana website dapat di pahami sebagai kumpulan halaman web yang dapat diakses menggunakan HTTP dari internet.
pengertian website dan weblog lengkap hosting
Website atau biasa ditulis web site (WWW) ini berisi dokument dalam bentuk HTML atau XHTML. Sedangkan untuk Blog itu sendiri sebenarnya adalah termasuk dalam website namun lebih di fungsikan untuk catatan harian online. Namun pada akhirnya Blog menjadi sarana lain sebagai penghasil uang. Sebagai contoh anda bisa melihat blog penghasil uang buat pemiliknya.

DAFTAR ISI ARTIKEL WEBSITE & BLOG

1. Pengertian Website
2. Perbedaan Website, Webpage dan Blog
3. Pengertian Nama Domain dan Hosting
4. Manfaat Website

1. Pengertian Website
Website adalah sebuah tempat yang memungkinkan seseorang menyatakan dirinya, hobinya, pengetahuannya, produk yang dijualnya dan apapun juga yang dapat di akomodasikan oleh teks, tulisan, gambar, video, animasi dan file multimedia lainnya.
Minimal website dapat dijadikan sebagai brosur elektronik yang dapat diakses dari seluruh dunia selama 24 jam.© {Sumber buku : kiat jitu membuat Website Tanpa Modal; Ali Zaki}

Selain itu fungsi yang sekarang marak di manfaatkan dari website adalah sebagai sarana jual beli online produk yang akan dijual. Seperti contoh toko online ternama tokobagus.com atau denifurniture.com sebagai contoh toko online yang menjual mebel.
Sedangkan untuk bisa membuat sebuah website yang bagus dan interaktif, seseorang perlu memahami dasar pemograman HTML, pemrogaman server side dan database yang berguna untuk menyimpan data.

2. Perbedaan Website, Webpage dan Blog
Setelah memahami sedikit pengertian dari website, tentunya untuk bisa membedakan antara website, webpage dan blog akan lebih mudah dipahami. Website biasanya terdiri dari beberapa halaman dimana berisi tulisan, image, video dll. Sedangkan webpage sendiri bermakna halaman web dalam terjemahan Indonesianya. Jadi webpage adalah isi dari beberapa halaman atau tulisan dari sebuah situs website tersebut.

Sedangkan Blog adalah halaman website yang berisi berbagai macam tulisan pribadi atau sebagai buku harian online. Jadi hampir sama dengan webpage yang bermakna tulisan pribadi dari website. Untuk bisa menulis di blog anda bisa memanfaatkan blog gratis yang ada di internet. Seperti blog gratis dari blogger.com, wordpress.com, multiply.com, blogdetik.com, dagdigdug, blogsome dll.

3. Pengertian Nama Domain dan Hosting
Sebelum menjelaskan apa itu nama Domain, ada baiknya anda bisa melihat contoh dari nama domain. Seperti anda kenal www.kataberita.com ini adalah nama unik dari setiap IP halaman website. Atau bisa sebagai alamat url berupa angka 180.123.2.345, maka nama unik IP address ini jika tidak di rubaha dengan nama seperti kata berita, maka orang yang mengunjungi website akan sulit mengingatnya. Maka dari itu ada yang namanya nama domain atau nama daerah asal dari website.

Dikutip dari Wikipedia.Org mengenai pengertian Domain secara jelasnya adalah;

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Sedangkan fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya ““. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.
Baca juga: Bagaimana Menghitung Penghasilan Adsense?

Sedangkan Hosting adalah tempat dimana anda menempatkan isi dari website anda dan alamat IP atau nama domain anda. Istilah kerennya hosting di umpamkan sebagai tempat penyimpanan seperti toko. Sedangkan isi dari makanan dan minuman yang dijual ini adalah halaman artikel dari website atau webpage. Jadi jika anda tidak memiliki hosting maka domain dan isi artikel tidak akan bisa di baca oleh orang lain di internet.

Untuk panduan lebih lengkap : https://www.niagahoster.co.id/ebook

4. Manfaat Website
Untuk manfaat website atau blog sebenarnya sudah kamu kupas pada artikel pembuka website & blog ini. Manfaat yang utama salah satunya adalah :

  • Menunjukkan eksistensi dari sebuah produk atau perusahaan sebagai brand. Dan untuk lebih mudah menjelaskan ke masyarakat tentang produk seseorang.
  • Bisnis online berupa jual barang atau hanya sekedar bermain adsense maupun affiliasi produk anda.
  • Sarana komunikasi dengan fans atau teman yang berada jauh dari anda. Seperti halnya facebook.com, twitter.com dan yahoo messenger.
Jadi untuk bisa bersaing dalam bisnis era elektronik ini, maka anda perlu belajar mendalami website dan bisa membuat website toko online sendiri. Jika anda kesulitan maka kami siap membantu anda untuk membuat website toko online ataupun blog pribadi. Sekian pembahasan materi kali ini mengenai mengenal lebih dekat website, webpage, domain dan hosting. Jika artikel ini bermanfaat bagi anda, kiranya bisa anda bagikan ke teman anda melalui link share facebook, twitter dan google plus.

0 komentar

Post a Comment