Tips Membeli Secara Online Agar Tidak Tertipu

Seperti yang sudah diketahui, bahwa kegiatan belanja online sudah bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat kita. Ya, terang saja demikian, sebab saat ini kita sedang hidup di era yang serba digital. Sehingga, segala sesuatunya pun bisa dilakukan secara online. Begitu juga dengan kegiatan berbelanja yang bisa dilakukan secara online, melalui situs-situs e-commerce yang bertebaran pada mesin pencarian seperti Google.


tips belanja secara online
Meskipun belanja online dinilai lebih praktis dan hemat waktu, namun bukan berarti juga bahwa semua situs e-commerce dapat menjamin keamanan dalam berbelanja lho! Tapi kalian tidak perlu panik, karena pada ulasan kali ini akan memberikan beberapa tips membeli speaker bluetooth terbaik secara online agar tidak tertipu. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasan di bawah ini :

1. Lihat Keamanan Situs Toko Onlinenya
Tips pertama yang harus kalian ketahui dalam berbelanja online, yaitu mengecek keamanan situs toko onlinenya. Untuk itu, coba perhatikan icon berbentuk gambar gembok kecil di bagian pojok kanan atas URL bar. Perlu kalian ketahui juga, bahwa situs toko online yang aman itu terdapat huruf “s” di bagian alamat URL seperti berikut -> https:// (hypertext transfer protocol secure), sedangkan URL situs toko online yang abal-abal selalu diawali http://.

2. Perhatikan Laman Sebelum Membeli
Biasanya, situs toko online yang bagus itu akan melampirkan alamat fisik atau minimalnya nomor telepon yang dapat dihubungi. Dengan adanya nomor telepon tersebut, pastinya para konsumen bisa langsung menghubungi nomor yang tertera untuk memastikan keaslian produknya. Bukan hanya itu, kamu juga bisa melakukan complain pada si penjual melalui nomor tersebut.

3. Memilih Kredit Atau Debit?
Bertransaksi online memang lebih nyaman jika menggunakan kartu. Dalam hal ini, sangat disarankan bagi kamu untuk bertransaksi menggunakan kartu kredit. Mengapa harus kartu kredit? Soalnya, hal itu dikarenakan kartu kredit merupakan ekstensi dari kredit, sementara kartu debit bisa langsung mengambil uang dari akun bank milikmu. Dengan kata lain, transaksi menggunakan kartu debit rawan dibobol oleh para hacker!

4. Tidak boleh Sembarangan Memberikan Informasi
Ketika akan melakukan transaksi pembelian, maka kamu diharuskan untuk mengisi beberapa data seperti nama dan alamat. Namun, ternyata ada juga beberapa situs online shop yang berusaha agar mendapatkan informasi lebih, sehingga akan digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan, seperti gaya hidup sampai pemasukan tahunan. Oleh karena itu, kamu tidak boleh menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mencurigakan.

5. Berbelanjalah Pada Situs Toko Online Yang Memiliki Riwayat Bagus
Tips berikutnya yang paling ampuh dalam belanja online agar tidak tertipu, yakni memilih situs toko online yang sudah terpercaya seperti Blibli.com. Selain aman dan terpercaya, produk yang tersedia di situs Blibli ini sangatlah lengkap mulai dari gadget, barang elektronik, peralatan dapur, peralatan kantor, fashion, accesoris, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, bahkan situs Blibli selalu banyak diskon lho. Diskon yang ditawarkannya pun sangat beragam, mulai dari 5%, 10%, 30%, 50%, hingga 90%. Maka dari itu, buruan belanja di Blibli sekarang juga sebelum kehabisan!

Nah, itulah beberapa tips dalam berbelanja online yang harus kalian lakukan agar tidak tertipu. Dengan mengikuti tips-tips diatas tadi, tentu saja belanja online pun akan menjadi aman, nyaman, dan menyenangkan.

0 komentar

Post a Comment

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar