5 Senjata Blogger Profesional untuk Investasi Jangka Panjang

peralatan blog profesional sebagai investasi masa depan
Sumber gambar via handpickedmedia.co.uk
ANWARIZ.com - Aktivitas blogging tidak bisa lagi dikatakan sebagai pengisi waktu luang melainkan lebih dari itu sebagai investasi masa depan. Sebab, saat ini blogger berpeluang menghasilkan pundi-pundi rupiah sebagai pendapatan utamannya sehingga tidak lagi dipandang sebelah mata. Tak heran jika profesi blogger semakin banyak diminati oleh banyak kalangan mulai dari pelajar karyawan, guru, dosen yang merangkap sebagai freelancer di blogger.

Namun dengan fakta diatas tidak sedikit pula diantara blogger mengalami keraguan saat harus menentukan serta memulai investasinya dibidang blogging. Sukses dibloggingn tidak datang dengan sekejap namun perlu pengorbanan baik itu waktu, materi, dan fisik untuk mendapatkannya. Pertanyaanya, apa saja peralatan yang diperlukan seorang blogger sebagai bentuk investasinya dimasa depan? Mari kita simak ulasan singkatnya dibawah ini.



1. Unit Komputer (PC)

Alat investasi yang sangat diperlukan oleh blogger adalah komputer baik itu laptop, notebook, dan sejenisnya. Sebenarnya di PC pun bisa melakukan aktivitas blogging secara baik, namun akan lebih sempurna serta totalitas jika dilakukan melakui media Laptop atau Notebook.


Alasan utama menggunakan media laptop adalah fleksibelitas. Yaa... Dengan laptop kita bisa menulis, posting, editing artikel blog dimana saja selama ada koneksi internet. Bisa dilakukan di warung kopi, dipinggiran kampus, kafe yang menyediakan fasilitas Wi-Fi atau tempat-tempat favorit lainnya.


Tidak perlu membeli spesifikasi laptop mahal sebagai bentuk investasi beraktivitas blogging. Dengan laptop atau notebook standar saja sudah bisa melakukan aktivitas menulis artikel kemudian mempostingnya diblog kesayangan Anda. Sikap bijak diperlukan dalam hal ini sebab dituntut untuk irit guna memaksimalkan blog agar lebih baik.


2. Ponsel Pintar

Mungkin Anda sudah beraktivitas blogging menggunakan media Laptop, itu sudah baik. Namun jika ingin lebih mudah lagi maka sekarang saatnya Anda menggunakan perangkat yang satu ini. Kenapa harus ponsel pintar? Dengan ponsel pintar (smartphone) aktivitas blogging menjadi semakin mudah dan sederhana lagi. 


Kenapa bisa demikian? Bisa saja sebab dengan ponsel canggih jaman sekarang Anda bisa melakukan kegiatan mobile blogging dimana aktivitas seperti menulis, memposting, blogwalking, sharing media sosial, dan lainnya semua bisa dilakukan melalui perangkat canggih ini.


Dengan adanya smartphone ini Anda juga bisa menjalin komunikasi dengan beberapa mitra Anda untuk program kerjasama. Lebih dari itu smartphone sangat mendukung untuk pengecekan akun e-Banking Anda jika suatu saat ada pembayaran masuk ke rekening Anda.


3. Doman dan Hosting Blog

Untuk menjadi blogger profesional maka Anda dituntut untuk juga bersikap profesional. Salah satu cara sikap profesional dalam dunia blogging ini adalah terkait penggunaan hosting dan domain blog. 
Ya, dua unsur ini memamang akan mencerminkan keseriusan seorang blogger. Jika Anda masih menggunakan domain dan hosting gratisan maka tentu Anda bisa dianggap tidak profesional.




Maka dari itu bila Anda memiliki dana lebih, Anda bisa melakukan investasi pada blog Anda dengan membeli membeli domain dan hosting. Domain dan hosting ini sendiri harganya tidak terlalu mahal kok. Karena cukup dengan Rp 100 ribu pertahun maka Anda bisa mendapatkan domain. Sedangkan untuk hosting sendiri Anda hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp 10.000 perbulan.


4. Tampilan Blog

Blog profesional yang berpeluang untuk memperoleh popularitas dan penghasilan besar juga bisa terlihat dari tampilan blognya. Semakin e ukau dan tampil responsif suatu blog makan semakin terlihat profesional dengan dukungan artikel berkualitas tersaji didalamnya.


Maka jika selama ini Anda masih menggunakan template blog dari desain standar bahkan gratisan, maka Anda bisa membeli template berbayar atau menyewa jasa web desainer untuk mendesain blog Anda. Jangan khawatir bahwa hal-hal yang Anda lakukan ini akan sia-sia, sebab tampilan blog yang profesional merupakan bentuk investasi jangka panjang bagi kegiatan blogging for money.


5. Pemasaran Blog (Promoting)

Bentuk investasi terakhir dalam menjalankan bisnis blogging sebagai blogger profesional  adalah promosi. Jika blog andenal banyak orang kemudian menjadi populer ditengah-tengah arus informasi dunia maya. Aktivitas blogging diibaratkan sebagai sebuah kerajaan bisnis, blog juga membutuhkan promosi atau kampanye pemasaran efektif dan tepat sasaran.




Dalam hal ini blogger memang bisa memilih bentuk promosi gratis via media sosial. Namun bila Anda memiliki dana yang lebih maka tak ada salahnya untuk melakukan promosi secara berbayar seperti membuat stiker blog, iklan via media massa atau iklan pada Google Ads dan lainnya. 


Demikianlah ulasan tentang 5 Senjata Blogger Profesional yang Diperlukan Sebagai Investasi Masa Depan bisa dijadikan rujukan menjadi blogger sukses dengan penghasilan ribuan dollar dari internet. Semoga bermanfaat buat pembaca sekalian dimanapun Anda berada. 

17 komentar:

  1. 5 senjata yg sangat vital untuk investasi bloging...

    klo boleh saya nambah satu, "konten yang bernilai jual tinggi"

    sukses dan mantap bang,..salam

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak atas tambahan ilmunya mas. Salam kembali

    ReplyDelete
  3. Hhhhmmm.... point nomor 3 aku belum penuhi. Sedangkan point 4 dan 5 lagi coba aku lakukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bertahap aja bang... Saya juga masih belajar

      Delete
  4. wah domain saya masih numpang gan...
    hehehehe.. yang penting artikelnya bisa membantu para pembaca saja gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling vital ya itu gan kualitas konten dan semangat untuk terus berkarya... Dulu juga sama saja berawal dari sub

      Delete
  5. ( mampir kembali )Saya cuma paje poin 2,4,5, com belum bang sy masih ke sub aja gan gak punya modal, salam blogger sederhana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap semangat dan konsisten menjadikan blog sederhana berubah jadi luar biasa.. Salam blogger

      Delete
  6. Point 1, 3 dan 4 sudah saya coba Kang..
    Kalau poin 2 belum sanggup ngeblog lewat smartphone.
    Sedangkan poin 5 baru bisa promosi via sosmed & forum milik tetangga..he

    ReplyDelete
  7. Saya sendiri masih ngeblog via warnet kang Husni. Saya rasa seorang blogger harus bisa mensiasati fasilitas yg ada menjadi sarana investasi. Artikel diatas saya buat sebagai pemacu semangat saya pada khususnya dalam menulis secara profesional. Umumnya mengajak semua teman2 blogger. Itu saja :-)

    ReplyDelete
  8. Dari lima poin diatas saya baru pake poin 2,3,4,5
    Tpi poin 3 sampe 5 baru sebagian

    ReplyDelete
  9. Kebetulan saya "Blogging for hobby and iseng", soal money/earning masih maju mundur cantik, uhuk :D .. Tak apa lah, saya tetap semangat kok ^_^ ..

    Jadi, hampir semua poin diatas sudah saya lakukan nih Bang Ali..
    Kecuali poin turunannya, yaitu > Hosting & promosi berbayar..
    Hehe, masih nebeng Si Mbah BloggerCom dan masih manfaatin medsos gratis.

    Nanti deh, mau coba host sendiri untuk blog saya yang lain (khusus blog eksperimen gitu lho), itung2 nambah ilmu baru, kan Bang? ^.^ .. Blog utama biar tetap setia sama Mbah aja ..

    Thanks info-nya, and salam kenal Bang Ali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sendiri masih sedang belajar... Blogging untuk kesenangan saja dulu sebelum nanti menghasilkan sesuatu. Iya dong tetap semangat asal jangan maju mundur gubrak aja mbak yu... hehe Sukses selalu ahh yaa... Kembali kasih sudah berkunjung di blog sederhana saya ini. Maju mundur cantiiiikk.....

      Delete
  10. Wah point nomor 2 tidak bisa saya gnakan bang, karena kebtulan smartphone saya rusak dan sampai saat ini belum ada dana untuk memperbaikinya. Rencananya kalau sudh ada rizki mau gnti yang lebh baru agar menunjang kegiatan blogging. Thanks bang Ali sharingnya ya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memanfaatkan segala potensi yg ada terlebih dahulu sy lakukan dalam mengelola blog ini dan beberapa blog lain kok. Kembali kasih, semoga rezekinya kian lancar yaa...

      Delete
  11. Makasih bang ali, spirit bloging yang luar biasa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih mbak Yulian.. Beginilah kalo blogger pemula, harus belajar extra keras agar semangat tetap terjaga.

      Delete