Tips Atasi Penyakit dan Gejala Anemia Saat Menjalankan Ibadah Puasa

mengatasi sakit anemia ketika menjalankan ibadah puasa

Cara Mengatasi Anemia Ketika Melaksanakan Puasa - Tak terasa ya sobat sudah seminggu lebih kita sebagai muslim menunaikan ibadah puasa. Di bulan yang penuh dengan kemuliaan ini amal ibadah kita akan dilipatgandakan pahalanya. Maka bukanlah menjadi suatu alasan untuk bermalas-malasan saat berpuasa. Justru di bulan kemuliaan ini kita harus berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan. Sebagian beranggapan bahwa saat berpuasa, aktivitas kita menjadi sangat terbatas. Padahal hal itu tidaklah benar. Kita masih bisa melakukan segudang aktivitas walaupun saat berpuasa. Lalu bagaimana untuk para penderita anemia, masih bisakah berpuasa dengan melakukan berbagai aktivitas? Tentu saja bisa.
Anemia merupakan kelainan pada sel darah merah akibat kurangnya zat besi. Sel darah merah yang sehat kaya akan oksigen. Fungsi dari oksigen tersebut adalah untuk menyalurkan sari-sari makanan ke seluruh tubuh. Jadi, seseorang yang terkena anemia adalah orang yang kekurangan sel darah merah sehat sehingga nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak dapat disalurkan dengan baik. Jika anda mengalami pusing dan lemas luar biasa saat berpuasa, maka bisa jadi anda terserang anemia. Kita intip yuk beberapa tips atasi anemia saat menjalankan ibadah puasa berikut.

cara mengobati anemia saat menjalankan puasa
  1. Konsultasi dengan dokter
Bagi penderita anemia, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter seberapa parah tingkat anemia yang diderita. Penanganan anemia pada tingkat tertentu tidaklah sama. Ada yang kategori ringan, sedang, dan akut. Jika anemia anda masih bisa ditangani saat puasa, maka berpuasalah. Pada dasarnya orang yang memiliki penyakit anemia tetap bisa menjalankan ibadah puasa asalkan dapat mengontrol pola makan selama puasa.
  1. Atur pola makan
Menjalankan ibadah puasa bagi penderita anemia memang menjadi tantangan tersendiri. Asupan nutrisi saat berpuasa harus benar-benar dijaga. Jika menu makanan yang dikonsumsi pada saat berbuka dan sahur asal-asalan, maka bisa memperparah gejala anemia tersebut. Para penderita anemia harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B, serta kalsium dan mineral. Asupan gizi tersebut harus diperoleh tubuh saat berbuka dan sahur. Makanan yang mengandung zat besi diantaranya daging berwarna merah, ikan, hati, kuning telur, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Agar asupan zat besi dapat terserap dengan baik, maka buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, pepaya, dan stroberi sangat baik untuk dikonsumsi. 
Agar produksi sel darah merah meningkat, masukkan makanan yang berkalsium tinggi ke dalam menu buka puasa dan sahur. Untuk memperoleh asupan kalsium dan vitamin B, anda bisa mengkonsumsi produk susu pada saat buka puasa dan sahur. Selain itu kandungan asam folat pada sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, serta pada buah-buahan seperti buah bit, pisang, dan alpukat, sangat membantu penderita anemia memproduksi sel darah merah sehat.
Selain harus menjaga asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, para penderita anemia juga harus menjaga pola makan. Pada saat sahur konsumsilah makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B. Kandungan protein yang dimasukkan ke dalam menu sahur harus lebih banyak dibandingkan dengan kandungan karbohidrat. Hal ini dikarenakan kebanyakan mengkonsumsi karbohidrat saat sahur dapat menyebabkan tubuh terasa lemas dan cepat lapar. Pada saat berbuka, hendaklah mengkonsumsi makanan yang manis terlebih dahulu seperti kurma atau teh manis. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan kadar gula darah dalam tubuh setelah seharian berpuasa.  
  1. Konsumsi suplemen  
Kebanyakan penderita anemia tidak mendapatkan asupan gizi yang diperlukan tubuh saat menjalankan puasa. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung zat besi, asam folat, vitamin B, dan mineral dapat membantu anda memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan.
Semoga tips berpuasa sehat tanpa anemia diatas bermanfaat ya sobat. Tetap jalankan aktivitas walaupun saat berpuasa tanpa khawatir terserang anemia. Image by Flickr

0 komentar

Post a Comment