POTENSI PERHITUNGAN BITCOIN DI MASA DEPAN

Anwariz Blog - Teknik menghitung nilai/harga masa depan dari suatu obyek disebut juga dengan valuasi. Nilai/harga masa depan dihitung berdasarkan variable-variable yang bisa diukur pada saat ini. Misalnya prediksi pergerakan mata uang konvensional (rupiah misalnya) bisa ditebak dari variable seperti tingkat inflasi, suku bunga, jumlah pengangguran, pertumbuhan ekonomi, cadangan devisa, dll. 

Untuk valuasi saham, biasa melibatkan angka-angka dari neraca keuangan dan laporan laba rugi yang dikeluarkan tiap kuartal.
Kali ini Joshua Seims, seorang investor startup bitcoin dari San Francisco mencoba memperkirakan peluang bitcoin di masa depan. Yang menarik Seims juga menyediakan kalkulator sederhana sehingga kita bisa menghitung sendiri future value dari bitcoin sesuai dengan preferensi kita.

Valuasi dari Joshua Seims membandingkan nilai bitcoin dengan peluang bitcoin merebut pasar emas, black market, dan mata uang global.

Dasar Perhitungan:

Pasar emas, kapitalisasinya diperkirakan sebesar 7.65 triliun USD. Menurut saya paling tepat menggunakan variable ini karena pada dasarnya sifat bitcoin seperti emas.
Black market, diperkirakan sebesar 22% dari ekonomi dunia, yaitu sebesar 650 miliar USD.
Mata uang global, diperkirakan sebesar 3 triliun.
Sirkulasi bitcoin diasumsi sebesar 17 juta BTC untuk 10 tahun dari sekarang.

Baca juga: 

Potensi Bisnis Bitcoin di Indonesia
Panduan Bitcoin Lengkap

Jika diasumsikan bitcoin memiliki peluang 10% saja untuk merebut 30% dari pasar emas, kalkulator valuasi menunjukan 1 BTC akan berada di nilai $13,500. Investasi riskan dengan return yang sangat menggiurkan mengingat 1 BTC sekarang di posisi 120$.

Saya sendiri bertaruh bitcoin akan menguasai setidaknya 1% dari market emas sekarang. Yang berarti 1 BTC bisa dihargai antara 3000-4000 USD (saya hitung sendiri beberapa waktu yang lalu). Maka dari itu saya mencoba mengumpulkan setidaknya 300 BTC (lagi ngumpulin sedikit demi sedikit), jadi misalkan memang bitcoin sukses saya akan menjadi milioner dengan total aset bitcoin lebih dari 1 Juta USD

1 komentar:

  1. Jangan nyepam disini gan.. Web anda sudah dilaporkan ke Google Spam supaya dibanned. Karena komentar anda menyalahi TOS Google. Terimakasih

    ReplyDelete