ARTIKEL MEMBUAT WEBSITE MUDAH DAN GRATIS

BELAJAR MEMBUAT WEBSITE 

membuat artikel website
 
1.Pendahuluan

Menurut banyak orang mungkin hanya tahu website tetapi belum banyak yang tahu apa website itu, apa dan bagaimana cara kerja dan pembuatannya, apakah sama dengan media blogging atau tidak, berikut kami akan membahas lebih detail apa dan bagaimana sebenarnya website itu.




2. Pengertian website


Website Anda adalah sebuah tempat di Internet dimana anda bisa menempatkan Informasi, sehingga siapa saja di dunia ini dapat mengunjunginya, kapan saja mereka dapat mengetahui tentang diri Anda, memberi pertanyaan kepada Anda, memberikan anda masukan atau bahkan mengetahui dan membeli produk Anda.




Semua orang menggunakan Web untuk segala sesuatu mulai dari pekerjaan sekolah sampai dengan memesan makanan karena prosesnya yang cepat, murah, mudah & menyenangkan! Anda tidak perlu meninggalkan meja Anda. Bahkan orang yang suka belanja sekalipun mencari produk yang diinginkan di Web. Kini mereka berusaha mencari produk atau service Anda, tempat pertama yang mereka cari adalah di Web - dan jika mereka tidak dapat menemukan produk dan servis Anda di Web, kemungkinan besar mereka akan menemukan kompetitor Anda yang sudah memiliki Website!




3. Apa yang dapat dilakukan dengan adanya sebuah website?


Website Anda dapat digunakan untuk berbagai tugas, misalnya:
a. Membuat pengumuman atau pemberitahuan.
b. Memberikan pelayanan kepada Customer Anda
c. Menerima masukan dari pengunjung/customer Anda
d. Membagi dan mendistribusi file dan foto
e. Berkomunikasi langsung dengan Customer Anda yang berada di belahan dunia manapun



Dan tentu saja, menjual produk dan servis Anda. Mungkin hal di atas masih kedengaran kurang menarik, tetapi jangan lupa bahwa Anda dapat melakukan hal di atas tersebut ke seluruh dunia kapan saja .. pada siang maupun malam hari dengan biaya yang sangat murah!




4. Bagaimana cara sebuah website bekerja?


Website hanyalah sebuah kumpulan file yang terletak pada sebuah komputer yang terhubung ke Internet. Ketika seseorang mengunjungi Website Anda, mereka sebenarnya hanya terhubung ke sebuah komputer dan komputer (yang kemudian disebut sebagai Server) tersebut memberikan file yang ingin mereka lihat.



Ini kedengaran simple, tetapi umumnya komputer biasa tidak memiliki power dan software yang dibutuhkan untuk merespon semua permintaan yang dibutuhkan oleh pengunjung Website Anda. Dan walaupun komputer/server Anda sanggup, komputer Anda akan membutuhkan koneksi/akses Internet yang luar biasa cepat untuk melayani jumlah pengunjung Website Anda.




Umumnya perusahaan kecil tidak sanggup menjalankan sebuah Web Server dan sejak itulah perusahaan Web Hosting dibutuhkan!




5. Apa saja yang diperlukan dalam membuat website?


a. Pertama anda persiapkan adalah alamat Website (Domain).




Nama Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet. Nama Domain memberikan kemudahkan pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingan harus mengenal deretan nomor atau yang dikenal IP.



Mengapa membutuhkan domain?

Tiap host di internet akan mempunyai alamat IP (Internet Protocol), untuk mengidentifikasi host atau untuk "membedakan" antara komputer yang satu dengan yang lainnya. Alamat IP tersebut berupa 4 angka yang dipisahkan oleh tanda titik. Masing-masing angka mewakili delapan bit alamat internet. Sebagai contoh adalah 202.114.143.4. Yang perlu diperhatikan bahwa masing-masing angkat tersebut tidak boleh lebih besar dari 255.



Meskipun format IP dapat dibaca dengan jelas (terdiri dari empat angka yang dipisahkan oleh tanda titik), alamat IP kurang berciri dan sulit diingat.




Karena tiap alamat IP mengacu pada satu dan hanya satu host jaringan, maka bagi internet relatif mudah dalam menetapkan sistem penamaan untuk suatu host jaringan. Sejumlah ketentuan yang telah didefinisikan dengan baik untuk penamaan komputer pada jaringan telah mengalami perkembangan bersama layanan directory untuk mencari nama. Ketentuan serta layanan direktori secara kolektif dikenal sebagai Domain Name System (DNS). Domain adalah kelompok host jaringan yang diberi nama.




Untuk itulah Anda akan membutuhkan "Nama Domain" (misalnya alamat domain berupa "www.PerusahaanAnda.com" atau "www.PerusahaanAnda.co.id"). Dengan membeli Nama Domain tersebut, pengguna Internet cukup memasukkan "www.PerusahaanAnda.com" ke Internet Explorer (browser) mereka untuk mengunjungi Website Anda. Sebagai contoh: untuk mengunjungi Website Yahoo, Anda cukup memasukkan kata "www.yahoo.com" atau "yahoo.com" ke Internet Explorer Anda (tanpa www dan dengan www sama saja, nama domain bahkan tak mengenal huruf besar dan kecil). Nama Domain tersebutlah yang akan mengantarkan pengguna internet ke Website Anda!




b. Kedua adalah Hosting

Setelah Anda mendapatkan alamat Website/Nama Domain Anda, kini Anda akan membutuhkan servis yang dinamakan Web Hosting.



Apa itu Hosting?

Web Hosting adalah menyewakan ruangan hard disk dan fasilitas di server Internet kami untuk menempatkan dokumen-dokumen web Anda ( html, database, audio, video, dsb ) sehingga menjadi sebuah Homepage / situs web yang dapat dikunjungi dari seluruh dunia. Isi Website itu sendiri.



Nah, sampai disini dulu yang dapat saya bagikan tapi sebelum mengakhiri Anwariz Blog ini saya sertakan link untuk anda praktekan sendiri bagaimana mudahnya membuat website sendiri.


SELAMAT MENCOBA !!

0 komentar

Post a Comment