Apa Itu Afiliasi??

Kumpulan Artikel Populer | ANWARIZ Blog - Apa itu Afiliasi? Dalam pengertian Bahasa Indonesia yang disempurnakan, afiliasi yang merupakan saduran dari kata “affiliation” (Bahasa Inggris), adalah bentuk kerjasama antara dua lembaga yang masing-masing berdiri sendiri.  Secara singkat, afiliasi juga bisa diartikan “anggota” atau “cabang”.


pengertian affiliasi


Namun dalam terminologi bisnis online, pengertian afiliasi mengalami sedikit penambahan makna. Afiliasi adalah “cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers), dan (hanya) dibayar setelah produk terjual”. Di luar negeri, pengertian afiliasi memiliki kedekatan  dengan pekerjaan seperti calo, broker, atau perantara, karena menerapkan cara kerja yang sama.

Jenis Afiliasi Marketing
Kali ini saya mencoba meringkasnya dengan penuh kepusingan , namun akhirnya ketemu walaupun rada error dikit ,  menjadi :

SA-LE-S – RE- C – H

[Dibaca :  SALES RICH ]
 Yang artinya Penjual Kaya atau menjual kekayaan..ahhh mau apalah artinya sakarepmu….yang penting niatnya adalah bagaimana agar kita bisa jadi kaya dengan melakukan penjualan  

Yuk kita bedah bersama :
Kita mungkin sering baca istilah Pay Per …baik Py per sale, Pay per Lead dsb.
Berikut kita hilangkan saja kata Pay Per nya menjadi

1.  SA = Sale

Pada  program ini, kita memperoleh keuntungan pada saat seseorang membeli produk atau jasa melalui affiliate link kita. ( mengenia afilasi link ini silahkan baca postingan “Bagamana sih cara kerja Afiliasi ? )
Misalnya kita menjual barang atau jasa seperti  e-book dan software yang  dipasarkan dengan cara ‘pay-per-sale’  dengan komisi misalnya 50 %
 Jadi, bila sebuah e-book harganya katakanlah $100, maka kita bisa mendapatkan komisi sebesar $50 Lumayan gede ya?    

Besar komisi pay-per-sale ini bervariasi. Mulai dari hanya beberapa persen saja sampai 60% bahkan juga ada yang lebih.

 2. LE = Leads

Pay-per-lead adalah jenis program affiliate yang memberikan pembayaran flat untuk setiap prospek (leads) dengan kualifikasi tertentu yang kita bawa ke situs merchant melalui affiliate link kita.
Dalam program ini, affiliate merchant yang memutuskan apakah leads yang kita bawa memenuhi kualifikasi atau tidak. Mereka biasa memutuskannya dari ‘informasi kontak prospek’ yang mereka dapatkan dari kita.
Program pay-per-lead terbaik biasanya berasal dari situs asuransi, kredit rumah dan aplikasi pinjaman.
Melalui program pay-per-lead ini, kita bisa menghasilkan keuntungan mulai dari 25 sen untuk setiap leads yang datang ke website, sampai $25 atau lebih untuk leads yang mengisi aplikasi secara lengkap.

3. S = Search

Lewat program pay-per-search ini, kita akan mendapatkan penghasilan pada saat pengunjung mencari informasi melalui “search box” khusus yang telah kita tempatkan di situs kita, dan lalu mereka mengklik salah satu link dari hasil pencariannya tadi.
Untuk lebih jelas lagi, Anda pasti mengenal apa itu ‘search engine’ bukan? Kalau Anda ingin mencari tahu sesuatu, Anda akan datang ke search engine seperti www.Google.com atau www.Yahoo.com

Nah, pay-per-search ini kurang lebih bisa dikatakan “program yang membuat Anda menjadi search engine”.

Kita tempatkan ‘kotak pencarian’ di website kita, lalu pada saat ada orang yang mencari sesuatu lewat kotak pencarian kita tadi dan mengklik salah satu atau lebih link, kita mendapatkan bayaran.

Catatan: Google.com juga menyediakan ‘Search Program’. Anda bisa mempelajarinya lebih dalam lagi di dengan searah di google atau bertanya kepada pakar google adsense

 4. RE = Recurring

Dalam program recurring ini, affiliate merchant memberi komisi kepada kita dalam periode tetap atau secara berkala.
Biasanya program ini ditawarkan jika seseorang berlangganan suatu jasa dan layanan bulanan. Seperti web hosting, auto-responder dan keanggotaan website
Meskipun kita tidak mendapatkan persentase yang besar dari program ini, tapi program ini tetap bisa bermanfaat buat kita. Kenapa?
Soalnya, kita hanya menjual jasa berlangganan ini satu kali, tapi komisi yang kita terima bisa selamanya, sepanjang pelanggan membayar biaya bulanan mereka!
Recurring program seperti ini sangat baik karena memberikan kesempatan bagi kita untuk mendapatkan penghasilan tetap yang bisa kita dapatkan setiap bulan.

 5. C = Click

Kalau yang ini mah pasti dah banyak yang kenal
Kita mendapatkan bayaran pada saat sebuah “link iklan” di situs kita, diklik oleh pengunjung kita.

Baca juga: 
Tips Sukses Bisnis Muslim Menurut Rasulullah
Ada perusahaan-perusahaan tertentu yang bersedia MEMBAYAR bila link iklan mereka “diklik” oleh pengunjung kita.
Yang perlu kita lakukan adalah menyisakan ruang iklan di situs kita untuk program tersebut. Dari setiap klik pada iklan tersebut, kita akan mendapatkan sedikit uang.
Program pay-per-click yang populer saat ini adalah Google’s Adsense.
Untuk belajar google adsense silahkan cari forum-forum yang membahas google adsense ini. Saya belum bisa menjelaskannya karena saya sendiri belum ikut dan masih fokus ke Afiliasi hehehe

6.  H = Hybrid

Hybrid ini merupakan program afiliasi yang mengkombinasikan beberapa program pembayaran yang berbeda.
 Contoh: Mereka biasanya menawarkan komisi 10 sen setiap kali ada orang yang HANYA mengklik banner dan kemudian komisi 15% bila terjadi penjualan.
Ada juga merchant yang menawarkan macam-macam bonus kalau kita mencapai angka penjualan tertentu. Misalnya memberikan sebuah laptop jika berhasil menjual dalam waktu tertetnu atau beberapa syarat tertentu..mengikuti kalimat iklan “ Syarat dan ketentuan berlaku “
Sementara itu, beberapa merchant lainnya ada juga yang menawarkan program semakin banyak penjualan, semakin tinggi jumlah komisi yang kita terima.

Internet adalah dunia yang tak terbatas. apa saja bisa kita lakukan disana. termasuk mencari uang tambahan dengan modal gratis, ada juga yang berbayar. Nah, ini adalah salah satu program afiliasi berbayar yang sedang saya ikuti. Kenapa saya menjatuhkan pilihan pada? Karena dari sinilah saya mendapat banyak ilmu tentang bisnis online. Dan yang paling penting adalah Pemasaran Jaringan melakukannya dengan hati.

0 komentar

Post a Comment