Keliling Banyak Tempat Wisata Garut Seharian, Emang Bisa?

ANWARIZ BLOG - Mengunjungi beberapa tempat wisata di Garut dalam satu hari sekaligus tentu bisa banget. Yuk simak nih rencana perjalanan yang memungkinkan untuk wisata sepuasnya dalam satu hari. Kita mulai dengan perjalan ke daerah Cikembulan, apalagi kalau bukan ke kebun binatang Cikembulan ya. Biaya yang dikeluarkan hanya tiket masuk dan biaya parkir kendaraan saja. Di kebun binatang Cikembulan kita bisa sepuasnya nih keliling-keliling area kebun binatang yang cukup luas dan memiliki koleksi binatang yang cukup lengkap. Ketika masuk kita disuguhkan pemandangan berbagai unggas yang cantik serta keluarga monyet yang sedang asyik bermain, maju lagi  kebagian dalamnya kita juga bisa melihat berbagai jenis ular, burung-burung yang cantik.

banyak tempat wisata garut

MENGUNJUNGI BEBERAPA TEMPAT WISATA DI GARUT DALAM SATU ATAU DUA HARI SEKALIGUS

Tidak ketinggalan buaya, singa, harimau, rusa dan banyak hewan lainnya berderet di setiap kandang yang bersih sehingga membuat pengunjung merasa nyaman. Ada juga kuda poni yang bisa dinaiki untuk berkeliling kebun binatang. Beberapa wahana permainan anak pun ada disana seperti kereta api, mobil-mobilan.Untuk yang sudah capek berkeliling bisa beristirahat di terapi ikan, ada pula gazebo diatas kola ikan. Suanana yang sejuk dan rindang membuat pengunjuk tidak Lelah berkeliling kebun binatang. Tempat jualan pun tertata rapi dengan jajanan dan makanan yang bersahabat dengan isi dompet. Setelah selesai dikebun binatang Cikembulan kita Candi Cangkuang, dimana letaknya tidak begitu jauh dari kebun binatang kita hanya perlu melaju sejauh lima belas sampai dua puluh menitan menuju Candi Cangkuang. Candi cangkuang tepatnya berada di Lampung Pulo, wialyah cangkuang.

Keliling Kebun Binantang di Garut Seharian

Nah setelah capek berkeliling di kebun binatang, jika sebelumnya kita tidak makan di kebun binatang kita bisa membuka bekal makanan yang kita bawa (jika memang sengaja membawa bekal makanan ) di lokasi Candi Cangkuang. Menuju candi kita harus meyebrangi danau dengan menggunakan rakit, jadi kita bisa makan diatas rakit sambal menikmati sejuknya air dan luasnya pemandangan mata melihat air yang tenang, apalagi rakitnya dihias begitu indah sehingga kita bisa sambal berfoto bersama keluarga atau berswafoto diatas perahu rakit.

Baca: Tempat Wisata Kuliner Populer di Garut, Pasar Ceplak salah satunya

Selesai menyebrang kita berjalan menuju Candi. Candi Cangkuang merupakan peninggalan sejarah agama Hindu di Kabupaten Garut, namun di sampingnya juga ada makam pemuka agama Islam di daerah cangkuang tersebut, hal ini menunjukkan bahwa rasa solidaritas dan toleransi di daerah ini sangat kuat. Selain candi kita juga bisa melihat rumah Adat kampung puloyaoitu rumah adat orang setempat yang hanya ada beberapa saja dilokasi tersebut. Sepanjang lokasi Candi Cangkuang banyak spot indah untuk berfoto. Ada pula musieum yang menyimpan beberapa cerita dan peninggalan sejarah di Kabupaten Garut khususnya di Candi Cangkuang.  Sebelum kita pulang jangan lupa membeli oleh-oleh sebagai kenang-kenangan. Ada souvenir yang bisa kita beli disana,mulai dari gelang-gelang , hiasan rumah, miniatur domba maupun miniatur rakit. Dan pulangnya tentunya menggunakan rakit kembali.

Keliling Objek Wisata Peninggalan Sejarah Candi Cangkuang di Garut

Tidak jauh dari lokasi Candi Cangkuang ada tempat wisata Dermaga Dewi Situ Cangkuang yang dikenal pula sebagai desa wisata Bumdes Assyifa. Di dalamnya banyak tempat yang ditata sedemikian menarik sehingga banyak orang yang ingin mengambil foto dan cocok untuk diupload ke media sosial yang kita miliki.

tempat wisata garut candi cangkuang

Setalah selesai berwisata ditiga tempat itu saatnya kita menuju peristirahatan. Banyak hotel didaerah cipanas Tarogong Garut yang bisa kita jadikan tempat istirahat sekaligus tempat kita berwisata kembali, itu karena selain ruangan hotel yang nyaman tetapi juga kita bisa menikmati kolam air panas dilengkapi wahana permainan air seperti perosotan baikyang kecil maupun yang besar, ember tumpah, ombak air dll.

Jika dalam satu hari kita masih penasaran dengan tempat wisata di Kabupaten Garut, maka kita bisa lanjutkan kembali dihari berikutnya. Tidak jauh dari tempat kita menginap ada tempat wisata Wisdom tepatnya di daerah Rancabano. Di Wisdom terdapat wisata alam dengan pemandangan yang sangat indah, ada pula tempat bermain anak serta tempat untuk mengabadikan perjalanan kita yang bagus untuk kita share di media sosial kita.

Mengunjungi Objek Wisata Wisdom Garut Lalu ke Kamojang Village

Beranjak dari Wisdom perjalanan bisa dilanjutkan ke Kamojang Village (Kamodjan Fillage) yang berada di Kecamatan Samarang.  Didalamnya banyak spot unik dan modern serta instagramable. Di tempat ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah sekali, banyak pohon, pemandangan bukit disekitar, panorama hutan. Ada pula Floor Dock Sky, Bamboo House, Becak on the Sky.

kamojang village

Akses jalan menuju lokasi ini juga sangat bagus, namun jalannya memang menanjak karena lokasi wisata berada di daerah yang dataran tinggi, serta jalan yang agak berkelok. Harga tiket masuknya cukup murah serta dikenakan biaya untuk tempat berfoto yang sangat ringa setiap fotonya karena pengambilan foto dilakukan oleh staff khusus dari tempat wisata tersebut.

Juga: Kampung Sampireun Tempat Wisata Romantis di Garut

Masih belum cukup puas? Kalau belum puas menikmati keindahan alam di beberapa tempat diatas, perjalanan bisa dilanjutkan ke wisata cipanas Darajat yang searah dari jalan raya Samarang menuju Jalan Pasirwangi. Menuju lokasi Darajat jalannya menanjak dan disuguhi pemandangan kebun sayur dan buah-buahan di sepanjang perjalanan. Banyak tempat dan ragam pilihan kolam renang dengan air yang panas/hangat serta wahana permainan air yang kumplit. Udara yang sangat sejuk membuat kita nikmat jika makan di sana, banyak tempat penginapan baik disepanjang jalan menuju Darajat maupun penginapan di lokasi kolam tersebut yang dibangun menyerupai vila.

Masih Banyak Objek Wisata Alam Garut yang Sayang Kalau Dilewatkan

Selain tempat wisata di atas sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata di Kabupaten Garut contohnya kolam renang air dingin dengan  pemandangan spot indah dan unik di Citangtu, tidak jauh dari sana ada pula kolam renang dan pemandian air panas di daerah sumur sono dengan arah mata memandang pemandangan alam. Destinasi pengunungan pun masih banyak lagi diantaranya Destinasi Wisata Gunung Sagara yang berada di Desa Tenjonagara Kecamatan Sucinaraja.  Pendaki cukup membayar tiket yang sangat murah dan uang parkir kendaraan saja.  Di Gurung sagara merupakan tempat lokasi untuk berkemah dengan daya Tarik pemandangan yang indah baik selama perjalanan maupun sesamapainya dilokasi dengan lautan awan yang membuat kita merasa berada di atas awan, menikmati sunrise. Fasilitas pun sangat nyaman ada toilet, warung-warung dan tempat ibadah (Mushola).

Selain gunung sagara tempat pendakian dan berkemah yang tak kalah indah adalah Gunung Papandayan yang terletak di daerah Cisurupan.  Taman wisata alam di Gurung Papandayan memiliki kawah emas yaitu kawah yang warnanya kuning keemasan , air panas, sensasi pemandangan dari uap kawah yang bagus dilihat, danau dengan air yang memiliki beberapa warna yang berbeda, ada Camping Ground dimana kita bisa mendirikan tenda dan menikmati malam bersama api unggun dilengkapi dengan fasilitas yang kumplit yang sengaja dibuat.

SIMPULAN

Dari sekian banyak tempat wisata alam di Garut, ternyata memang tidak akan bisa dikunjungi semua dalam waktu seharian ya. Membutuhkan banyak waktu serta persiapan cukup agar bisa menikmati keindahan alam Garut ya mempesona tersebut. Namun, setidaknya semua objek wisata Garut diatas mampu memberikan efek healing bagi kamu yang penat ditengah kesibukan kerja. Demikian artikel ini semoga bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman lain yaa...

#PesonaGarut #WisataGarut #Traveling #TripGarut #GarutUpdate #GarutKekinian #InfoGarut