Mengecek Plagiarisme Dengan Menggunakan Aplikasi


Plagiarisme atau plagiat merupakan suatu perbuatan menjiplak ide, gagasan atau karya orang lain yang kemudian diakui sebagai hasil karyanya sendiri atau menggunakan karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya sehingga menimbulkan anggapan yang keliru/salah soal muasal dari karya, ide atau gagasan tersebut. Tentunya hal ini bisa merugikan orang yang memiliki ide,gagasan atau karya tersebut. Nah, untuk mencegah hal tersebut ada beberapa aplikasi cek plagiarisme yang bisa anda coba sebagai berikut :
1. Unicheck 
Aplikasi pengecekan plagiat yang pertama adalah Unicheck. Perlu diketahui bahwa Unicheck ini adalah sebuah situs pengecekan konten plagiat yang sangat populer di masyarakat. Dimana, aplikasi yang satu ini telah digunakan di dalam dunia pendidikan, penulis, peneliti, dan editor. Bahkan, hingga saat ini tidak kurang dari 1 juta pengguna di seluruh dunia dan 124 file yang sudah dicek dengan menggunakan aplikasi ini. Selain itu, aplikasi ini cukup sempurna untuk dijadikan sebagai senjata andalan guna mengecek tingkat plagiat sebuah konten maupun dokumen. 
Dalam website ini akan ditawarkan berbagai layanan, seperti pencarian yang akurat dengan mengakses lebih dari 40 milyar halaman web, database edukasi, serta file perpustakaan institusional. Bukan hanya itu, tampilan yang ditawarkan oleh website ini juga sangat interaktif dengan menggunakan berbagai kombinasu warna ditambah dengan informasi yang bisa didapatkan dengan sangat mudah. Yang lebih menariknya, website yang satu ini memungkinkan dipasang secara embed ke dalam sistem aLearning. Nah, bagi anda yang bekerja di sebuah institusi pendidikan tentunya fitur ini sangat bermanfaat, terutama jika memiliki sistem eLearning. Karena di dalam aLearning, aplikasi ini secara otomatis akan memindau setiap paper serta menyediakan laporan yang mudah dibaca. 
2. Viper Anti-plagiarism Scanner
Viper Anti-plagiarism Scanner ini merupakan website penyedia layanan cek plagiat online yang berbeda dengan lainnya. Dimana, jika website lain bisa langsung melakukan proses cek plagiat online, namun aplikasi ini tidak melaukannya melalui website. Jadi utnuk bisa menggunakan layanan dari aplikasi ini anda harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu, lalu kemudian memasangnya di perangkat desktop. 
Perlu diketahui bahwa aplikasi yang satu ini memiliki banyak fitur dan memiliki sistem yang sangat sederhana. Tentunya hal ini bisa mempermudah anda untuk mengecek plagiat dan konten yang duplikat di dalam pekerjaan anda. Selain itu, dengan interface yang mudah digunakan serta menghasilkan informasi yang jelas dan singkat. Dimana, pengecekan ini dilakukan dengan lebih daru 10 juta sumber yang ada. Yang menariknya, pembayaran dari aplikasi ini berdasarkan jumlah kata dari dokumen yang anda cek tingkat plagiatnya. 
3. PlagiarismChecker.com
Aplikasi pengecekan plagiat selanjuntnya adalah PlagiarismChecker.com. Aplikasi yang satu ini hanya menyediakan pengecekan phrase dari beberapa bagian dokumen yang terintegrasi dengan Yahoo dan Google.Sehingga saat anda mengisi kolom box yang ada di halaman situs ini serta meng klik tombol “Search”, maka situs ini akan mengarahkan anda ke hasil pencarian Yahoo maupun Google. Walaupun aplikasi ini sudah dikembangkan sejak tahun 2006 yang lalu sebagai website pengecekan konten plagiat, namun sayangnya situs yang satu ini tidak diperbarui sehingga ada beberapa fiturnya bermasalah dan tidak relevan dengan kondisi kekinian. 
4. Plagium

Aplikasi pengecekan plagiat yang terakhir adalah Plagium. Dimana, Plagium ini adalah sebuah aplikasi yang open source alias umum dan gratis. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki jenis premium yang bisa anda gunakan secara cuma-cuma. Aplikasi ini sangat cocok bagi anda yang memiliki konten artikel yang panjang untuk dicek plagiatnya.  

1 komentar: