Headset Untuk Bermain Game Murah



Jika kamu benar-benar serius dan tertarik serta ingin terjun ke dunia gaming, salah satu perangkat yang wajib kamu gunakan adalah headset. Karena selain untuk mendengarkan audio dari game, saat ini headset juga dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan teman atau team kamu. Oleh karena itu, gunakan headset yang sudah terpasang mikrofon.

Namun, dengan kelengkapan headset seperti itu, bukan berarti perlu harga mahal untuk membeli headset tersebut. Faktanya, ada beberapa headset dengan kualitas dan kelengkapan yang bagus, namun bisa didapat dengan harga yang murah.

Kembali lagi ke perangkat headset, selain spesifikasi yang mumpuni dan kelengkapan yang memadai, salah satu hal penting lainnya yakni faktor kenyamanan. Baik kenyamanan untuk kamu sendiri juga kenyamanan orang lain yang mendengarkan suaramu. Terkadang orang lain yang mendengar suaramu bisa saja terganggu, jika terlalu banyak gangguan suara akibat perangkat headset yang kurang sempurna.

Beberapa headset gaming murah yang akan kita bahas adalah yang berada di harga kurang dari 1 juta rupiah, yang diluncurkan oleh brand-brand ternama. Beberapa di antaranya yakni Logitecg G433, HyperX Cloud Alpha, Razer Kraken 7.1 V2, Creative Sound BlasterX H7, dan steelseries Arctic 5.

Segi Kenyamanan

Creative Sound Blaster, Hyper X, dan Razer Kraken memiliki desain yang berada di kelas rata-rata atau average. Earcupnya bentuknya cukup besar dengan lapisan kulit yang tertutup berwarna hitam. Namun, Razer memiliki ruang yang lebih besar di earcup jika dibandingkan kedua merk tadi.

Sementara itu, Logitech G433 dan Steelseries Arctic 5, earcupnya dilapisi bahan yang anti keringat. Jadi jika dipakai untuk jangka waktu lama, kamu tidak akan terganggu dengan keringat. Meski G433 dilengkapi dengan earcup tambahan yang bisa diganti, namun semuanya terasa keras seperti karton sehingga kurang begitu nyaman. Steelseries sendiri memiliki earcup yang lembut dan ringan. Serta tidak begitu menekan telinga, karena bagian dalamnya lebih longgar dibanding yang lain.

Segi Kualitas Audio

Yang paling utama yang harus dimiliki sebuah headset tentu adalah kualitas audio. Beberapa produk G433 dilaporkan banyak mengalami isu kerusakan yang cukup signifikan. Suara yang dihasilkan tidak cukup kompleks seperti headset pesaingnya tersebut.

Sementara itu Kraken suara bassnya kurang begitu maksimal dibandingkan yang lainnya. Begitu juga dengan mikrofonnya, banyak yang mengeluhkan fitur tambahan sehingga menurunkan kualitas produk Kraken.
Untuk merk lain yakni Sound Blaster, HyperX, dan Steelseries Arctic, kualitas audionya sudah cukup bagus. Misalnya saat mendengarkan suara langkah di dalam game, yang terdengar dengan bagus. Dari ketiga merk ini, HyperX memiliki kualitas audio yang lebih baik. Namun sayangnya, kenyamanannya perlu dipertimbangkan, karena terlalu menekan telinga.

Kualitas Rata-Rata

Jika dibandingkan dengan yang lainnya, Logitech G433 kurang begitu bisa untuk diandalkan. Headset ini bahkan terlalu banyak add on atau perangkat tambahan seperti, kotak portable, ear pads tambahan, dan tiga audio connector yang berbeda. Namun sayangnya, kualitas suaranya tidak lebih bagus dari merk lainnya.

Razer Kraken, HyperX Cloud Alpha, dan Sound Blaster H7 memiliki kelebihan masing-masing yang menonjol. Seperti HyperX Cloud Alpha yang hadir dengan kualitas audio mumpuni, namun tanpa gimmick yang berlebihan. Sementara Cloud Alpha merupakan headset gaming murah dengan desain yang solid dan kualitas audio yang tak kalah bagusnya. Kemasannya pun juga simple tidak berlebihan.

Namun dari beberapa pilihan headset gaming murah diatas, review paling bagus dimiliki oleh Steelseries Arctic 5. Memiliki kenyamanan yang lebih baik, fitur mewah, dan audio kelas atas yang mumpuni. Hal ini membuat Steelseries Arctic 5 menjadi headset yang murah dengan harga di bawah 1 juta namun kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

0 komentar

Post a Comment