Cara Buat Blogger Gratis Paling Mudah & Praktis

Cara Buat Blogger Gratis Ternyata Sangat Mudah & Praktis


BLOG Anwariz | Cara buat blogger gratis, gimana mulainya? Mungkin ini pertanyaan yang sering didengar oleh blogger pemula bahkan webmaster sekalipun. Pada kesempatan kali ini saya sudah menyiapkan artikel tentang bagaimana cara membuat blog gratis, khususnya buat blogger pemula. 


Cara Buat Blogger Gratis Ternyata Sangat Mudah

Blogging semakin banyak digemari oleh kalangan muda-mudi Indonesia hingga saat ini sebagai wadah aktualisasi diri. Sudah banyak blogger muncul dengan berbagai tema bahasan berbeda satu sama lain. Untuk membuat blogger gratis, banyak sekali platform yang bisa digunakan, seperti: WordPress, Blogger, Weebly, Webs, Tumblr dan lainnya. 

Namun, berdasarkan pengamatan saya kebanyakan orang Indonesia lebih memilih platform Blogger (blogspot) untuk media blognya. Oleh karenanya, artikel ini akan membahas platform blogger garatis tersebut.

Adapun cara membuat blog terdiri atas 3 langkah, yakni:

Memilih niche blog;
Memilih platform blogger gratis;
Membuat dan publikasi konten blog;

Ketiga cara di atas akan dijelaskan satu per satu secara singkat, padat, dan jelas.

Jaman sekarang, seakan sudah jadi kewajiban setiap orang memiliki blog. Bisnis online kecil-kecilan, toko online, atau blog personal, itu semua bisa diekspresikan melalui blog. Di lain sisi, aktivitas blogging juga memberikan manfaat.


Manfaat Memiliki Blog Pribadi / Blog Bisnis


1. Mengasah kemampuan menulis. Sebagian besar orang memilih membuat blog sebagai salah satu cara untuk mengekspresikan ide mereka dan juga mengembangkan pengetahuan serta kemampuan menulis bahkan kemampuan lain agar diketahui banyak orang. Blog dibuat serta dikembangkan dengan baik mampu menunjukkan level kemampuan dan pengetahuan Anda, terlebih jika ingin mencari pekerjaan atau menjadi seorang profesional dibidang tertentu.

2. Mengenalkan Brand. Meningkatkan brand awareness Anda adalah salah satu hal terpenting dalam mengelola bisnis baik berskala kecil maupun bisnis skala besar. Dengan melakukan strategi yang tepat, akan membawa reputasi bisnis menuju puncaknya.

3. Blog mendatangkan pengunjung organik. Banyak cara cepat mendatangkan pengunjung (traffic) salah satunya dengan iklan berbayar di Google Adword. Membuat blog memang butuh perjuangan keras serta proses panjang, namun ketika sudah mendatangkan pengunjung besar akan menjadi sumber investasi tak ternilai. Platform yang solid dan konversi yang meningkat sudah pasti mendatangkan hasil memuaskan.

4. Menguasai hasil pencarian. Blogging merupakan salah satu cara untuk memaksimalkan pencarian organik. Visitor besar dan stabil merupakan hal paling penting dari pembuatan website. Mencari informasi seputar tutorial blogger gratis berarti Anda sedang berusaha menuju kesuksesan dibidang online walau memerlukan banyak waktu, persiapan, dan proses panjang.


Langkah Demi Langkah Cara Buat Blogger Gratis


Langkah Pertama: Memilih niche blog

Jika Anda ingin menjalankan suatu proyek atau membangun bisnis, maka buatlah blog yang berisikan tentang layanan, produk, dan tujuan perusahaan. Orang-orang pun akan tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang visi dan misi serta layanan yang Anda tawarkan.

Tersedia juga beragam pilihan platform bagi Anda yang ingin membuat website pribadi atau sederhana. Berbagai hal bisa dijadikan berita dan informasi. Mulai dari topik perjalanan, teknologi, berita, hingga makanan, musik, dan sepatu – ada banyak sekali topik yang bisa dijadikan pembahasan utama blog.

Memilih niche blog tidak bisa dilakukan asal-asalan, apalagi dengan terburu-buru. Lakukanlah riset dan perbandingan terlebih dulu. Dengan begini, Anda tidak akan kesulitan mencari niche blog yang tepat.

Tulislah topik yang Anda sukai. Melakukan sesuatu sesuai dengan hobi dan kesukaan biasanya akan memberikan hasil yang lebih baik. Sudah pasti pembaca atau pengunjung setia blog juga akan merasa puas.

Langkah 2: Memilih platform blogging

Selanjutnya, pilih platform sebagai media menulis dan menerbitkan konten. Karena sebagian besar isi blog adalah konten, gunakanlah platform sistem manajemen konten (CMS). Seperti disinggung diawal, kita akan bahas platform Blogger.

Blogger.com adalah platform blogging gratisan milik Google. Anda bisa membuat blog dengan gratis di blogger, baik itu menggunakan subdomain dan hosting gratis ataupun menggunakan domain sendiri dengan hosting gratis di blogger. Nah, artikel ini akan membahas cara membuat blog di Blogspot dengan subdomain dan hosting gratis dari Blogger.com.

Pilih desain yang sempurna
Buat blog yang menarik sesuai gaya Anda. Pilih dari koleksi template yang mudah digunakan, dengan tata letak fleksibel dan ratusan gambar latar, atau buat desain template baru.
Kenali audiens
Cari tahu pos dengan 'hits' terbanyak dengan alat analytics Blogger. Cari tahu lokasi dan minat audiens blog Anda. Anda bahkan dapat langsung menghubungkan blog ke Google Analytics untuk data yang lebih detail.
Jaga kenangan Anda
Simpan saat-saat yang berarti. Blogger memungkinkan Anda menyimpan ribuan pos, foto, dan lainnya dengan Google. Gratis!

Baca:
Tips Konsisten Membuat Artikel Blog
Ternyata Ini Alasan Kenapa Domain Penting buat Bisnis

Sebelum membuat blog di blogger, saya menyarankan Anda untuk memiliki akun email di Google mail (gmail). Ini akan memudahkan proses pembuatan blog Anda. Kalau Anda belum mengerti cara membuat email, bisa membaca postingan saya sebelumnya tentang cara membuat gmail. Kalau Anda sudah punya akun email di Gmail, langsung saja mengikuti proses membuat blog di blogspot, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Langkah pertama adalah membuka situs Blogger.com, klik link berikut untuk membuka Blooger berbahasa Indonesia di browser Anda Blogger.com


Cara Buat Blogger Gratis

2. Pada halaman Blogger.com klik tombol “Buat Blog” atau tombol “Masuk”. Anda akan di arahkan ke halaman untuk masuk ke akun Google. Masukkan alamat emai Gmail ke kolom yang sudah disediakan, lalu klik tombol Berikutnya


Cara Membuat Blogger Gratis


3. Masukkan password email Anda, ke kolom yang di sediakan. Klik tombol Berikutnya

4. Jika Anda baru pertamakali membuat blog di Blogger, maka Anda harus memilih profil akun Google yang akan digunakan.

5. Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya di mana Anda bisa memasukkan “Judul Blog”, menentukan nama/ alamat subdomainnya, dan memilih Tema blog Anda.


Cara Membuat Blogger Gratis


Pada bagian Judul, silahkan isi dengan Judul Blog Anda, misalnya “All About Men”
Pada bagian Alamat, silahkan isi dengan alamat URL blog Anda, misalnya “allaboutmen.blogspot.com”

Pada bagian Tema, teman-teman bisa memilih salah satu tema standar yang disediakan oleh Blogger.
Cara Membuat Blogger Gratis


6. Sampai di sini Anda sudah memiliki blog baru. Tapi sebenarnya ini belum selesai, selanjutnya Anda harus melakukan beberapa pengaturan dan mempelajari beberapa navigasi di halaman kerja Blogger.

Langkah 3: Membuat dan publikasi konten blog

Sekarang blog baru Anda perlu sebuah artikel, bisa apa saja, mungkin satu dua patah kata untuk menyambut pengunjung yang datang ke blog pertama Anda. Caranya klik tombol Entri baru.


cara membuat dan publikasi artikel blog

Di halaman ini teman-teman bisa mengisi blog dengan konten apapun selama dalam aturan yang sudah ditentukan. Anda pasti pernah membuat pesan email atau status di Facebook, hampir sama hanya saja di Blogger.com konten Anda akan terbuka dan dapat dibaca oleh jutaan orang di seluruh dunia. Untuk itu, pastikan konten atau artikel berisi informasi bermanfaat bagi pengunjung blog.

Buat artikel blog semenarik mungkin, Anda bisa juga menambahkan gambar agar isi artikel lebih hidup. Coba perhatikan sejumlah menu di atas kotak artikel di halaman tersebut, saya yakin Anda dapat memahami dengan mudah apa kegunaan dari setiap tombol tersebut. Bisa karena biasa! Jadi, silahkan menghabiskan waktu beberapa lama di dashboard blog Anda agar lebih memahami menu-menu blog.


Jika sudah selesai klik tombol Publikasikan dan Anda akan dihantarkan ke halaman daftar konten seperti ini. Untuk melihat hasil tulisan Anda, klik Lihat blog.

Catatan Seputar Blogger:

- Untuk login ke dashboard Blogger, cukup menggunakan alamat email Gmail dan password yang digunakan untuk mendaftar di Blogger.com
- Simpan alamat email Gmail dan password Anda dengan baik agar mudah digunakan ketika ingin login ke Blogger.
- Sampai di sini semakin tau seperti apa cara membuat blog gratis bukan?. Anda juga bisa mengganti tema blog Anda atau mengatur tampilan widget.

Cara buat blog gratis di Blogger.com di atas baru awal perjalanan ngeblog, masih banyak bagian lain akan dibahas berikutnya. Pastikan teman-teman pantau terus update artikel BLOG Anwariz agar tidak ketinggalan informasi penting lainnya. Selamat mencoba dan happy blogging!

2 komentar:

  1. Anonymous9/04/2019

    I have learn some good stuff here. Certainly value bookmarking for revisiting.
    I wonder how much effort you put to make the sort of magnificent
    informative site.

    ReplyDelete
  2. Thank you for coming this site..

    ReplyDelete