Tips Sehat Setelah Olahraga Jogging ini Gak Boleh Terlewatkan

Tips Sehat Setelah Olahraga Jogging


BLOG Anwariz - Dengan adanya jejaring sosial yang kian marak membuat informasi mudah kita terima. Beberapa waktu lalu kaum selebritis tanah air makin gencar memberikan info tentan bagaimana cara menerapkan pola hidup sehat melalui akun media sosialnya. Hal itu tentu banyak mencuri perhatian masyarakat, termasuk ajakan tips menjaga kesehatan lewat olahraga ringan.
Tips Sehat Setelah Olahraga Jogging
Olahraga Jogging
Dikalangan masyarakat awaw, olahraga lari pagi atau jogging sudah tidak asing lagi. Setidaknya seminggu sekali orang-orang suka melakukannya. Dibandingkan olahraga lain yang kadang butuh teman, lokasi memadai, bahkan dana lebih, jogging dianggap praktis dan murah meriah. 

Namun, walaupun olahraga ini terbilang mudah dilakukan, banyak orang tidak menyadari bahwa setelah jogging tidak boleh melakukan hal ini. 

Apa saja yang tidak boleh dilakukan setelah olahraga lari pagi/sore??

1. Jangan lewatkan melakukan pendinginan setelah olahraga lari pagi

Pemanasan biasanya dilakukan sebelum melakukan olahraga, maka pendinginan juga tak boleh dilewatkan setelah melakukan olahraga pagi/sore. Aktifitas ini mengembalikan kondisi tubuh dari sebelumnya stres kepada kondisi normal. Proses ini akan membantu sistem otot dan saraf menjadi santai kembali. Justu akan bahaya jika setelah olahraga kamu langsung duduk atau tiduran, karena otot masih dalam keadaan tegan sementara tubuh sudah diam.

2. Langsung makan setelah olaraga, boleh tapi gak baik

Boleh-boleh saja langsung makan setelah melakukan olahraga, asalkan bukan makanan berat. Hal tersebut bisa menghambat hilangnya lemak dari tubuh. Itu tidak baik bagi kesehatan tubuh apalagi hubungannya sama berat badan.

3. Bahaya menunda minum setelah olahraga

Keringat yang keluar setelah berolahraga harus segera tergantikan, untuk itulah butuh minum. Jangan sampai tidak minum setelah melakukan olahraga jogging. Dehidrasi membuat kamu mudah terserang kantuk, makanya gak jarang orang lasung tidur setelah olahraga. Menyeimbangkan kembali cairan tubuh bisa tercukupi salah satunya dengan minum setelahnya.

4. Bahaya jogging sebelum mengerjakan pekerjaan berat

Tak jarang orang justru merasa kelelahan setelah melakukan beragam aktifitas walau seelumnya sudah olahraga. Untuk itu jangan langsung melakukan pekerjaan berat setelah berolahraga. Pada saat itu kondisi otot masih dalam keadaan tegang, akan terluka jika dipaksakan beraktifitas berat. Disarankan biarkan otot beristirahat sejenak, agar ketika melakukan aktifitas tidak berdampak buruk.

Baca:
Ternyata Dengkuran Kucing Mampu Sembuhkan Penyakit
Sanitasi Sekolah Itu Penting Lho
Cara Mengatasi Penyakit Tidak Menular

5. Kebalikan dari poin sebelumnya

Segera lakukan mandi setelah olahraga, jangan menunda mandi dan ganti pakaian, karena itu berbahaya. Kelembaban disebabkan dari keringat akan mengakibatkan tubuh berjamur, bakteri. Makanya segera mandi dan ganti pakaian dengan pakaian bersih agar kebersihan serta kesehatan tubuh tetap terjaga. Biang keringat bisa menyebabkan kulit luka-luka jika tidak segera bersih-bersih setelah olahraga.

6. Pulihkan kondisi tubuh dengan istirahat setelah berolahraga

Tidur secukupnya setelah berolahraga cukup penting dilakukan. Tentu saja sebelum tidur badan harus sudah dalam keadan bersih, berganti baju bersih pula. Tidur adalah cara terbaik buat memulihkan diri dan membentuk otot yang sebelumnya lelah menjadi kuat. Jadi, jangan lewatkan tidur sejenak setelah melakukan olahraga jogging.

Itulah beberapa tips setelah olahraga jogging yang tak boleh dilewatkan oleh teman-teman. Memang terlihat sepele, namun berdampak baik jika tahu tips dan cara melakukannya. Olahraga secara teratur menjadikan tubuh tetap segar bugar...

0 komentar

Post a Comment