5 Fakta Unik Garut yang Wajib Kamu Tau Sebelum Traveling - BLOG Anwariz

5 Fakta Unik Garut yang Wajib Kamu Tau Sebelum Traveling

5 Fakta Unik Garut Belum Banyak yang Tau


Kumpulan Artikel Populer | Anwariz.com | Kabupaten Garut terkenal sebagai ‘Swiss Van Java’ karena kondisi alamnya yang asri dan sejuk mirip dengan negara Swiss di Eropa. Garut merupakan Kabupaten di selatan Jawa Barat. Icon Garut sejak dulu sejak dulu hingga saat ini adalah Domba Garut, Dodol Garut masih melekat di ingatan masyarakat.


5 fakta unik garut belum banyak yang tau
Fakta Unik Garut, sumber gambar: InfoBudayaIndonesia.com
Selain itu, aneka kerajinan kulit juga sudah menjadi identitas yang mendunia dari Garut.
Walaupun Garut terkenal, namun tidak sedikit orang belum mengetahui fakta unik garut yang sebenarnya cukup menarik untuk digali. Beberapa fakta unik tentang garut ini berada pada sector wisata, kondisi geografis, serta berbagai kuliner khas Kota Intan.

Bicara soal wisata memang tidak aka nada habisnya ya. Terlebih semua orang butuh refreshing dari rutinitas kegiatan mereka. Begitu juga dengan potensi objek wisata di Garut yang tentunya sangat menarik untuk dikunjungi sebagai salah satu destinasi wisata keluarga saat liburan.

Terlepas dari keunikan garut itu akan menjadi dampak baik atau buruk bagi masyarakat, terantung bagaimana menyikapi dan mengoptimalkan segala potensi tersebut. Lalu, apa saja fakta unik tentang Garut yang belum banyak orang tau? Yuk… Kita simak ulasannya di bawah ini:


Keunikan Kota Garut 


1. Garut Dikelilingi Pengunungan

Dari sisi geografis, Garut merupakan sebuah kota dengan keindahan alam pengunungannya menjadi daya tarik tersendiri baik bagi warga lokal maupun pendatang. Kondisi alam ini pula menjadikan Garut unik disbanding kota lain. Pusat Kota Garut dikelilingi pengunungan yang menjulang tinggi. Hampir disemua sudut kota ini berdiri tegak gunung-gunung sebagai paku bumi Swiss Van Java, meskipun tidak semua sudut tertutup pengunungan.


5 fakta unik garut
Gunung Guntur, sumber gambar: Gunung.id
Kota Garut dikellilingi oleh banyak pegunungan, baik itu gunung api ataupun bukan gunung api. Pengunungan itu diantaranya; Gunung Galunggung, Gunung Papandayan, Gunung Guntur, Gunung Cikuray, Gunung Cakra, Gunung Kamojang, Gunung Sadakeling, Gunung Putri, Gunung Baduga, Gunung Simpay, Gunung Batuluhur, dan beberapa gunung lainnya.

Karena dikelilingi oleh banyak pengunungan membuat cuaca di Garut cukup sejuk, hingga 23 derajat celcius. Suasana dingin ini cocok buat teman-teman pecinta traveling, khususnya yang memiliki jiwa petualang mendaki gunung. Mempersiapkan pakaian hangat, seperti jaket sangat direkomendasikan ketika hendak berkunjung melihat keunikan Kota Garut.

2. Garut Dilalui Sungai Besar yang Membelah Kota

Dengan adanya pegunungan yang mengelilingi Kota Garut berdampak pada adanya wilayah hulu dan wilayah hilir. Hal ini membuat adanya banyak anak sungai dibagian hulu dan berkumpul menjadi sungai besar di bagian hilir, yaitu Sungai Cimanuk.


fakta unik tentang garut
Sungai Cimanuk, sumber gambar: Pikiran-Rakyat.com
Sungai Cimanuk merupakan salah satu sungai besar yang ada di Pulau Jawa dan sangat berpengaruh pada penghidupan masyarakat di sekitarnya. Sungai Cimanuk tepat membelah di tengah Kota Garut dan menyebabkan Kota Garut berpotensi akan adanya bencana banjir bandang.

Bencana banjir bandang ini bukanlah bencana yang dapat dianggap remeh. Pada pertengahan tahun 2016 lalu bahkan bencana banjir bandang yang melanda Kota Garut meluluhlantahkan beberapa kecamatan yang ada disekitar bantaran sungai. Selain itu, banjir bandang tahun lalu juga menyebabkan korban jiwa mencapai puluhan orang dan menjadi bencana banjir bandang terbesar yang pernah melanda Kota Garut.


3. Garut Kebanjiran Angkutan Umum

Garut terkenal dengan banyak angkutan kotanya. Tentu saja ini menjadi kabar baik bagi pelancong karena kebutuhan untuk transportasinya juga cukup besar. Garut mengandalkan moda transportasi umum sebagai moda mobilisasi utama.


5 fakta unik tentang garut
Angkutan Umum Garut, sumber gambar: KabarPriangan.co.id
Hampir disetiap sudut kota Garut memiliki jalur angkutan kota (angkot) yang siap mengantarkan penumpang ke tujuan di dalam kota. Bahkan di setiap kecamatan di Garut sudah memiliki moda transportasi semacam angkot ini. Sedangkan tujuan luar kota masih mengandalkan bus sebagai kendaraan utama untuk mengakses Kota Garut.

Baca: Objek Wisata Garut Paling Populer

Kondisi banyaknya moda transportasi angkutan umum menjadi hal yang unik dan tak biasa bagi wisatawan / pendatang ketika pertama kali mengunjungi Garyt. Meskipun bagi warga setempat itu sudah biasa. Dianjurkan selalu siap dengan Google Maps, atau setidaknya bertanya sebelum menggunakan jasa transportasi angkutan umum di Garut sebelum bepergian agar tidak salah naik jalur ya.

4. Garut Berpotensi Wisata Alam yang Kaya

Tempat wisata biasanya menjadi incaran utama ketika berkunjung ke suatu daerah. Terutama bagi pecinta traveling, ini sangat penting diketahui. Pada umumnya, orang enggan meliwatkan keindahan kota yang dikunjunginya. Garut juga memiliki objek wisata alam yang cukup menarik dikunjungi. Diantaranya wisata hiking ke Gunung Papandayan, Cikuray, Guntur. Wisata Pantai Santolo, Pantai Rancabuaya, atau menikmati sejuknya perbukitan di Darajat Pass, Curug Orog, hingga menikmati keindahan alam Kawah Talaga Bodas, di Wanaraja.


fakta unik darajat pass garut
Darajat Pass, sumber gambar: JejakPiknik.com
Banyak destinasi wisata di Garut yang belum terjamah, bahkan masih terisolasi karena keterbatasan akses menuju  lokasi. Hal ini merupakan salah satu fakta unik tentang Garut tentang kondisi wisata alamnya. Beberapa destinasi wisata di Garut harus ditempuh dengan jarak yang cukup jauh. Seperti untuk menuju objek wisata pantai, wisatawan yang ingin kesana harus memutari pegunungan ke arah pantai selatan.

Jangan menyesal dulu, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang begitu luar biasa. Bagi beberapa orang mungkin akan cukup melelahkan, namun bagi sebagian orang lainnya justru dapat menjadi memberikan sebuah tantangan tersendiri. Berwisata bukan hanya sebatas pada destinasi yang didatangi saja, tetapi perjalanan menuju ke destinasi inilah yang akan memberikan pengalaman berbeda bagi seorang traveler.

5. Garut Kaya Akan Kuliner Tradisional

Penganan khas Garut tentu saja Dodol Garut. Dodol sudah melanglang buana ke seluluh Indonesia, bahkan ke mancanegara. Selain terkenal dengan dodolnya, Garut juga memiliki banyak olahan kuliner khas seperti; Ladu, Kerupuk Kulit, Opak, dan lainnya.


fakta unik garut kota dodol
Dodol Garut, sumber gambar: KangApip.com
Baca: Wisata Kuliner Khas Garut

Makanan khas itu jarang ditemui di kota-kota lain. Jadi, ketika berkunjung ke Garut jangan lupa untuk membawa beberapa oleh-oleh untuk kerabat di rumah sebagai buah tangan. Sebagai bukti bahwa Anda sudah menghabiskan waktu menikmati keunikan kota garut.


Kesimpulan:

Fakta Unik Garut menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat setempat maupun wisatawan pendatang. Banyak sekali destinasi wisata alam di Garut, mulai dari wisata pegunungan, wisata air panas, hingga wisata taman bunga di Samarang-Garut. Jika hendak berwisata ke Garut, jangan lupa membawa buah tangan untuk orang-orang tercinta.


Terimakasih sudah membaca artikel hingga akhir, dan jangan lupa bagikan postingan ini ke sosial media favorit kamu agar semakin banyak orang yang tau. Terimakasih.

1 komentar:

  1. Garut memang memiliki segudang potensi yang patut untuk digali dan dijaga kekayaannya. Sinergi antara masyarakat dengan pemerintahan daerah setempat dalam menjaga serta mengembangkan segala potensi Kota Garut menjadi modal penting dalam hal ini. Mulia dari potensi wisata hingga kekayaan seni budaya sangat beragam ada di Kota Garut. Mari kita sama-sama jaga dan lestarikan apa yang telah menjadi kebanggaan kita semua.

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya:

1. Silakan berikan komentar terbaik Anda.
2. Saran dan kritik sangat saya harapkan.
3. Dilarang menyertakan LINK hidup atau mati.
4. Jadilah Warganet yang bijak !!




DMCA.com Protection Status