July 2016 - Anwariz.com Sahabat Inspirasi Indonesia

Cari aja disini

Jangan Lewatkan 3 Rahasia Merawat Mesin Mobil Ini!

Merawat Mesin Mobil Anda Sendiri - Mesin mobil merupakan perangkat yang sangat penting. Didalamnya terdapat beberapa alat komponen mobil yang sangat penting. jika dianalogikan, mesin mobil ibarat nyawa bagi mobil. Jika mesin mobil rusak, maka mobil Anda tidak akan berjalan. Lalu, bagaimana mobil Anda bisa berfungsi dengan baik jika mesin Anda rusak? 

cara merawat mesin mobil
Gambar dari Electroschematics.com
Dengan demikian, pastikan mobil Anda selalu dalam kondisi baik agar mobil Anda tetap bisa mengantarkan kemanapun Anda ingin berpergian. Terkadang hanya faktor yang terlihat sepele dikemudian hari hal tersebut bisa menjadi masalah besar, oleh karena itu Anda sendirilah yang harus memperhatikan keadaan mobil Anda.

Nah kalau sudah tahu bahwa kondisi mesin mobil itu juga perlu diperhatikan, saatnya kita masuk ke dalam rahasia bagaimana cara merawat mesin mobil yang tepat. Berikut caranya: 

1. Rutin Melakukan Pergantian Oli


Jika mesin adalah nyawanya mobil, maka oli mobil bisa diibaratkan sebagai darahnya. Dengan demikian salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merawat mesin mobil Anda adalah dengan rutin melakukan pergantian oli. Seringlah mengecek jarak tempuh mobil Anda. Jarak tempuh merupakan cara Anda untuk mengetahui kapan Anda harus segera mengganti oli mobil Anda.  Hal ini berguna agar mesin mobil Anda lebih awet dan terhindar dari berbagai kendala.

2. Sering Bersihkan Kaburasi dan Rutin Mengecek Radiator Mobil Anda

Gambar daei Pulsk.com

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan untuk merawat mesin mobil Anda adalah dengan sering membersihkan karburasi mobil Anda. Pastikan karburasi Anda dalam keadaan bersih dan tidak ada debu atau kotoran yang membuatnya mudah berkarat atau rusak. 

Selain sering memperhatikan kaburasi, pastikan pula Anda sering melakukan pengecekan pada radiator mobil Anda. Pengecekan yang dimaksud adalah dengan sering membersihkan bagian radiator mobil dari kotoran, serta memastikan radiator dalam kondisi optimal tanpa kebocoran, atau jenis gangguan lainnya. Jika hal ini sudah dilakukan, bisa dipastikan Anda bisa terhindar dari masalah serius terhadap mobil Anda. 

3. Rawat Pula Tangki Bensin Mobil Anda

cara merawat tangki bensin mobil
Gambar dari Google Plus
Bagian tangki mobil acap kali diabaikan oleh pengguna mobil. Padahal bagian ini juga merupakan bagian yang tak kalah pentingnya bagian lain pada mobil Anda. Dengan merawat tangki bensin mobil Anda, itu juga berarti Anda merawat mesin mobil Anda. Hal ini akan sangat berpengaruh pada kualitas bensin. Jika tangki Anda kotor, secara otomatis mesin kendaraan Anda akan terisi oleh bahan bakar yang sudah terkontaminasi oleh debu dan kotoran dan itu bisa menyebabkan masalah baru.


Oleh karena itu rawatlah tangki bensin mobil Anda, yakni dengan selalu memperhatikan kebersihannya. Anda bisa melakukannya sendiri dengan melihat panduan service tangki melalui situs ini ataupun jika ragu cobalah minta bantuan pada teman yang mengerti cara membersihkan tangki bensin.  

Sebagai kebutuhan khususnya bagi masyarakat tertentu yang memang membutuhkan mobil untuk melancarkan kegiatannya, salah satu kendaraan ini tentu saja perlu perawatan. Namun perawatan yang dimaksud tidak hanya perawatan bagian dalam saja, namun perawatan bagian dalam yakni bagian mesin mobil yang justru lebih penting bagi keawetan mobil. 

Menurut temuan ulasan berikut ini, “menghindari suku cadang yang tidak asli bisa menjadi faktor yang membuat kondisi mobil Anda lebih terawat dengan baik karena terjamin kualitasnya”. Yah, semua tentu ada harganya, namun apabila Anda merawatnya dengan benar, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra mahal untuk permasalahan yang terjadi. 

Demikian ulasan tentang tips perawatan mesin mobil sederhana dan bisa dilakukan oleh siapapun. Semoga membawa manfaat bagi Anda pecinta otomotif. 
Selamat mencoba!! (adm-)

Oleh Penulis Tamu: Alfonsus Filius
Read More

Afirmasi Positif Meningkatkan Kualitas Hidup Anda, Coba Sekarang!

AFIRMASI MEMBANGUN POTENSI DIRI
Pengertian Afrimasi

Menurut kamus (KBBI) kata Afirmasi mengandung arti sebagai penetapan yang positif; penegasan; peneguhan; pernyataan atau pengakuan yang sungguh-sungguh (di bawah ancaman hukum) oleh orang yang menolak melakukan sumpah; pengakuan tersebut kemudian disebut sebagai definisi dari Afirmasi. Hampir sama seperti pengertian menurut wikipedia.

pengertian dan manfaat afirmasi positif
Afirmasi, Gambar dari Beverageinstitute.org
Afirmasi adalah pernyataan dari dalam diri sendiri untuk menerima kebebasan, kemakmuran dan kedamaian yang berlimpah. Afirmasi bisa merupakan rangkaian kalimat-kalimat positif sebagai pemicu tercapainya suatu harapan. Harus juga menyelaraskannya dengan alam semesta, karena memang hukum ketetapannya sudah demikian. Nyatakan setiap kalimat positif tersebut dengan penuh keyakinan serta dilandasi kepercayaan akan terwujudnya penegasan itu.

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan pepatah berikut ini “Anda adalah apa yang Anda pikirkan” kemudian itulah sebagai penegas dari afirmasi itu sendiri.  Afirmasi tesebut berguna untuk memprogram ulang pikiran dan membuang daya yang tidak seharusnya ada dalam pikiran Alam bawah sadar Anda. Sebab alam bawah sadar tidak memperdulikan daya/kepercayaan di pikiran, entah itu positif atau negatif maka itulah kenyataan lalu kemudian hadir menjadi suatu ide atau gagasan.

Apakah Afirmasi bekerja mengubah hidup manusia?


Ya.. Berguna. Jika saja dilakukan dan diaplikasikan secara baik. Sebaliknya, tidak akan terlalu berdampak kalau hanya melakukan pengulangan semata tanpa penghayatan dari dalam diri Anda sebagai manusianya.
Tak ubahnya seperti rapalan do’a dan hipnotis, ia akan bekerja ketika berada pada keadaan rileks dan tetap fokus. Dalam istilah ilmiah keadaan dimana ketika gelombang otak berada pada kondisi alfa-theta. Kondisi itu dinamakan “khusyuk” menurut istilah spiritualnya.


Bentuk dan Jenis-jenis Afirmasi


Afirmasi Lisan

Perkataan adalah ekspresi pikiran yang diutarakan lewat mulut. Kata-kata akan membawa energi disertai pesan afirmasinya. Ada 3 bentuk perkataan; netral, positif, dan negatif kemudian dikukuhkan oleh emosi penghayatan diri Anda. Penggunaan afirmasi lisan tentu saja dengan cara mengucapkannya lewat suara. Setiap kata yang diucapkan dipengaruhi harapan positif dan penuh emosi keyakinan, lahir dan batin. Kekuatan kata-kata afirmasi tetap akan memiliki kekuatan bagaimanapun caranya diucapkan,teriak atau hanya berupa bisikan saja.

Afirmasi Tulisan

Saat menuliskan kata-kata postitif dalam arifmasi, maka ketika itu pula Anda berbicara kepada diri Anda sendiri menungkan isi pikiran kedalam (tulisan) kertas. Proses pengukuhan terbentuk oleh afirmasi tertulis. Tulisan akan menghadirkan suatu bentuk, sebuah kesan atau gambaran nyata pada kertas atau media menulis lain. Ketika menulis sebuah afirmasi, saat itu pula pesan afirmasi itu sedang dalam berjalan mengarah pada kenyataan, hingga terwujud. Ya.. Melalui kata tertulis membuat afirmasi Anda semakin dekat kepada keterwujudan afirmasi.

Afirmasi Keyakinan

Keyakinan adalah tindakan yang berkaitan dengan sebuah gagasan, keinginan atau afirmasi yang diterima sebagai kebenaran dan bekerja berdasarkan keinginan yang bersumber dari akal budi. Jika hidup dipenuhi ketetapan hati, penuh keyakinan sudah dapat dipastikan Anda berada pada tingkat emosi serta mental yang akan mendekatkan suatu harapan pada kenyataan. Tinggi rendahnya unsur keyakinan pada afirmasi Anda sangat akan sangat berpengaruh berhasil tidaknya proses tersebut. Nimati serta syukuri atas afirmasi sebagai kenyataan saat ini dimanapun berada.
.
Afirmasi Hati

Proses berpikir dalam hati juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan afirmasi tak kasat mata. Bebaskan seolah-olah hati sedang memikirkan apa yang ingin terwujud dalam kehidupan nyata Anda. Dengan memusatkan perhatian dan fokus pada keinginan,harapan, sebagai sesuatu bentuk nyata dikehidupan sekarang! Berawal dari memikirkan impian, idaman, terpancar dari dalam hati sanubari.
.
Afirmasi Aksi

Beraksilah dengan menuliskan kalimat afirmasi lewat secarik kertas, mengandalkan potensi ragawi milik Anda. Tindakan tersebut secara perlahan namun pasti mengantarkan pada kesempatan, lalu membawanya pada alam kenyataan seiring waktu berjalan. Kemudian hadirkan “ruh” pada setiap afirmasi Anda untuk melakukan aksi-aksi selanjutnya sampai terwujudnya pengharapan.
.

Manfaat dan Fungsi Afirmasi

manfaat kekuatan afirmasi
Manfaat Afirmasi, Gambar dari Hipnotis.net

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Afirmasi positif adalah kalimat positif yang ditujukan kepada diri sendiri untuk berbagai keperluan. Afirmasi ini bisa menumbuhkan rasa percaya diri lebih cepat dan hebat. Setiap orang juga dapat melakukannya karena aktivitas ini sangat sederhana dilakukan dimanapun, kapanpun mau. Dengan mengucapkan pada diri Anda sendiri bahwa Anda merupakan pribadi yang cerdas dan penuh dengan kreativitas positif atau Anda meyakinkan diri Anda bahwa Anda adalah pribadi menarik, berkelas, cerdas maka dengan sendirinya membuat semakin percaya diri.

2. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Rasa senang merupakan penyembuh paling mujarab. Melakukan afirmasi diri sendiri akan sangat berguna ketika Anda dilanda kesakitan berkepanjangan tanpa adanya semangat dari orang-orang terdekat. Beri tahu diri Anda bahwa sudah memiliki karunia sehat dan senang dari sang pencipta kapanpun, dimanapun, maka Anda akan otomatis merasa suasana hati menjadi ringan dan senang. Kesembuhan dirasa akan lebih cepat menjalan keseluruh tubuh dengan melakukannya.

3. Meningkatkan Kenyamanan Diri

Ketika Anda merasa ada yang salah dari diri Anda dan Anda tidak pernah puas terhadap diri sendiri, apapun yang Anda lakukan, berafirmasi positif akan sangat baik. Dengan membayangkan apa yang ingin Anda lakukan atau raih, lalu mengatakan pada diri Anda bahwa Anda akan mencapainya atau Anda akan sukses akan membawa ketenangan dan kenyamanan dalam diri Anda. Setidaknya, katakan bahwa diri Anda sudah melakukan yang terbaik dan bagi orang yang selalu berusaha tidak akan ada kata gagal.

4. Meminimalisir Tekanan Hidup (Stres)

Seperti ketika orang lain menyemangati diri Anda, ada rasa puas dan semangat yang kemudian muncul dari dalam diri. Namun ketika Anda sedang stres tanpa ada orang sekitar yang menyemangati, cobalah untuk berafirmasi positif dengan menyatakan bahwa Anda sudah dan selalu mendapatkan kemudahan dalam setiap apapun proses yang dijalani. Atau, katakan pada diri Anda juga bahwa apapun kebutuhan Anda sudah dan selalu terpenuhi dengan cara yang mudah sehingga Anda tidak perlu lagi merasa stres akan satu pekerjaan atau kondisi yang menyulitkan.


5. Menjadi Pribadi Bahagia

Berafirmasi mengatakan jika diri Anda berhak atas segala kelimpahan, kemakmuran, atau menyatakan bahwa segala usahanya akan terwujud dalam aktivitas sehari-hari akan sangat membawa dampak positif. Percaya atau tidak, kalimat tersebut bukan hanya sekedar isapan jempol belaka melainkan didasari oleh rasa percaya, keyakinan yang besar. Itu akan menjadikan Anda nyama sebagai pribadi yang bahagia sepanjang waktu.


Contoh Afirmasi Positif


Contoh Afirmasi Kesuksesan dan Kaya Raya

“Saya bercita-cita untuk menjadi sukses dan kaya”.
“Pemikiran kreatif saya membukakan pintu menuju keberlimpahan”.
“Yang sekarang saya mimpikan sama dengan kenyataan yang saya raih”.
“Saya tangguh mengemban amanah, optimis, dan cerdas berkarya”.
“Saya yakin sukses seribu kalilipat dari sebelumnya ”.

Contoh Afirmasi Menumbuhkan Sikap Positif

“Saya percaya akan kemampuan saya, mampu mengendalikan diri sendiri, penuh dengan kemandirian dan tekad yang kuat”. 
“Saya memiliki citra diri positif dan memiliki jiwa pendamai”. 
“Saya percaya diri, optimis, dan antusias menatap ke depan untuk menghadapi tantangan-tantangan baru dan muncul sebagai pemenang.”

Contoh Afirmasi Kesehatan Jasmani & Rohani

“Saya adalah penentu nasib saya sendiri, pemimpin jiwa saya”.
“Apapun yang terjadi, kesabaran saya tidak terbatas”.
“Saya lebih percaya diri dan terbebas dari ketakutan”.
“Saya berprilaku bermartabat untuk menghargai diri sendiri dan orang lan”.
“Saya mejalani diet berkala dan berat badan kembali ideal”.
“Segala rasa sakit mulai hilang dan lenyap seketika”.

Contoh Afirmasi Meningkatkan Keerdasan Otak

“Seiring waktu saya semakin cerdas dan cemerlang”.
“Prestasi belajar terus meningkat setiap harinya”.
“Saya berpikir lebih kreatif dan inovatif”.

Contoh Afirmasi Membangun Kewibawaan

“Saya memancarkan aura batin positif serta energi persahabatan yang sempurna bagi semuaorang”.
“Saya mampu bangkit  dengan sendirinya, saya tegar, dan mandiri”.
“Saya berwawasan luas dan kecerdasan”.
“Saya seorang manusia berwibawa tinggi dan karismatik”.
“Saya adalah pemberi solusi disaat tepat”.

Contoh Afirmasi Menghilangkan Stress

“.Saya merasa tenang
“Saya merasa tenang dengan diri sendiri, dengan dunia dan dengan setiap orang yang ada di sekeliling saya jiwa dan  raga”.
“Saya begitu tenang, rileks dan damai dalam harmoni juga memiliki keseimbangan mantap”.
“Relaksasi sesungguhnya adalah milik saya”.
“Saya rileks, saya sungguh rileks”.

langkah mudah melakukan afirmasi positif
Gambar dari Ninchanese.com

Tips:
Pilih salah satu dari cara berikut untuk menggunakan afirmasi dalam setiap aktivitas dalam hidup Anda. 

Pilih satu kata afirmas.Tuliskan pada kertas lalu baca dengan keras menjalang waktu tidur.
Ucapkan dengan lantang untuk diri sendiri di kamar mandi, ditaman, dilapangan.
Ucapkan afirmasi secara bisik-bisik untuk diri sendiri jika berada dalam situasi mendesak
Tulis pada secarik kertas kemudian simpat ditempat yang sering terlihat, seperti pada dinding di samping tempat tidur, lemari pakaian, dekat cermin kamar mandi, atau pada dashboard mobil.
Tulis kalimat afirmasi tersebut dalam buku catatan harian atau menulisnya lewat blog pribadi Anda.

Terapkan dan nikmati proses tersebut pada setiap kesempatan lalu rasakan perubahan demi perubahan positif kehidupan Anda! Sampai juga dipenghujung artikel kali ini terkait berbagai jenis afirmasi lengkap dengan manfaatnya untuk mengembangkan potensi mewujudkan segala harapan, impian terbesar dari diri Anda. Selamat mencoba!
Read More

Menikmati Keeksotisan Hotel Kamandalu Ubud Gianyar Bali

kamandalu hotel bali
Sumber gambar: Traveloka.com
Menikmati Keeksotisan Hotel Kamandalu UbudAda satu Hotel di Bali yang buat aku jatuh cinta, yaitu Hotel Kamandalu Ubud. Hotel ini merupakan hotel berbintang lima yang cukup populer di kalangan wisatawan. Saat aku berencana ke Bali aja, aku sudah mengantisipasi untuk mem-booking kamar hotel ini lewat situs Traveloka, karena aku yakin banget kalau udah waktu liburan, nggak menutup kemungkinan aku bakal kehabisan kamar, penuh dengan pengunjung.

Kemewahan dan keeksotisan hotel Kamandalu Ubud inilah yang membuat aku jatuh hati. Bayangkan saja, tatanannya yang begitu elegan dengan perabotannya yang cukup mewah akan memanjakan diri kita saat berlibur di sini. Nggak akan nyesel deh kalau memilih hotel yang satu ini.

Saat pertama kali memasuki hotel ini, terlihat sekali bahwa hotel Kamandalu Ubud adalah hotel yang sangat berkelas. Desain bangunannya pun sangat unik namun tertata rapi dan elegan. Jika dilihat dari atas, ternyata hotel ini seolah terdapat dua kapal pesiar yang ada di bangunan paling atas. Dengan kolam renang yang cukup luas menambah kesan unik yang menjadi daya tarik tersendiri.

Saat memasuki kamar, aku sunggu terkesan dengan perabotannya yang cukup unik namun elegan. Terdapat juga beberapa hiasan meja berupa bunga yang menmbah kesan cantik pada setiap kmaarnya. yang paling aku sukai ialah pencahayaannya yang begitu bagus. Dari jendela pun kita dapat melihat pemandangan yang luar biasa.

kamandalu hotel bali
Sumber gambar: Traveloka.com
Adapun semacam ruang tamu yang dapat digunakan untuk ngobrol santai bersama keluarga. Aku suka banget sama desain interiornya. Simple, tapi nuansa elegan tetap dominan. Perabotan yang diunakan pun sangat unik dan pas banget buat tatanan yang begitu rapi di sini.

Aku dan keluargaku saat itu menjadikan tempat ini arisan keluarga. Pas banget. Ruangannya yang cukup luas dapat menampung seluruh anggota keluarga. Sambil bersantai dan menikmati suasana hangat keluarga.

kamandalu bali
Sumber : Traveloka.com
Lokasi yang paling aku sukai dari hotel Kamandalu Ubud ini ialah kolam renang. Tentu aku nggak akan melewatkan kesempatan untuk berenang di sini. Bahkan aku inget banget saat berlibur di sini, aku berenang di malam hari, meskipun sebenarnya dilarang untuk berenang malam-malam.

Kolam renangnya cukup luas dengan suasana yang begitu asri. Banyak pepohonan rindang yang mengelilingi kolam, sehingga suasana lebih indah dan juga menenangkan.



fasulitas kamandalu ubud bali
Sumber : Traveloka.com
Aku pun juga betah banget berjam-jam di area kolam renang. Kita dapat duduk di kursi santai yang tersedia di sini. Jejeran kursi santai yang cukup nyaman dengan payung yang melindungi kita dari sinar matahari. Ada juga semajam joglo yang bisa digunakan untuk ngobrol bareng keluarga.

Habis renang aku menyempatkan diri untuk relaks dengan mencoba fasilitas pijat yang disediakan. Ruangan pijat dan spa yang ada di hotel ini begitu nyaman, karena berada di lantai atas, kita yang berada di sini dapat menikmati pemandangan hijau yang ada di luar.

Suasana Kamar Hotel Kamandalu  via Traveloka.com
Hotel ini juga bener-bener recommended banget buat yang ingin berbulan madu, karena apa? Di sini terdapat tempat-tempat yang indah dan romantis. Salah satunya restorannya yang elegan dengan nuansa romantis, sangat pas untuk sepasang kekasih yang dinner berdua. Tapi bisa juga untuk dinner keluarga.

Sumber Gambar: Traveloka.com
Untuk hidangannya, jangan di tanya. Yang pasti sangat berkelas. Setiap hidangan makanan yang disajikan memiliki cita rasa yang lezat, dengan pelayanannya yang cukup ramah dan cepat. Tapi kalau sudah ramai, mungkin harus sabar menunggu sedikit lebih lama. Dengan iringan live music, kita bisa sambil mengobrol santai bersama keluarga maupun kekasih, jadi nggak begitu bosan menunggu hidangan datang.

Selain menikmati hidangan kita juga bisa menikmati keeksotisan suasana malam di sekitar restoran hotel. Banyak sekali lampu hias yang menjadi penerang saat berjalan-jalan sekitar hotel di malam hari. Yang intinya, hotel ini sangat nyaman dan memuaskan.
Mungkin kalau aku liburan lagi ke Bali, tepatnya Ubud, aku nggak akan pernah bosan untuk menjadikan hotel Kamandalu Ubud ini sebagai pilihan utamaku. 

Artikel Sponsor
Read More

10 Cara Dahsyat Mencari Inspirasi Menulis yang Perlu Anda Ketahui

cara mencari ide dan inspirasi menulis blog
Cara Mencari Inspirasi Menulis
Mencari Ide Menulis - Tidak adanya ide atau inspirasi menulis kerap kali menjadi alasan bagi sebagian blogger ketika hendak menulis artikel pada blognya. Hal tersebut sering saya temui saat sedang melakukan Blogwalking ke beberapa blog-blog yang memang sudah lama tidak melakukan update artikel. Padahal inspirasi menulis sudah tersedia disekitar kita, dilingkungan tempat tinggal, dijalanan, sebenarnya bisa menjadi sumber terciptanya suatu tulisan menarik. Hanya dibutuhkan sedikit sentuhan kreatifitas dan inovasi dari sang penulisnya saja dengan begitu tidak mustahil menjadi penulis hebat.

Tips Mencari Inspirasi Menulis


Untuk  itu, berikut  10 cara mencari ide menulis artikel blog. Sebagian besar hasil pengalaman selama ngeblog, sebagian lain hasil pengamatan dari blogger senior yang kemudian dikemas dengan bahasa lugas, ringan serta mudah dilakukan oleh Anda. Harapannya tentu saja jangan sampai blog Anda mati suri akibat terbengkalai tanpa adanya pembaruan artikel.

1. Googling atau Browsing

Menari informasi lewat internet sudah menjadi gaya hidup orang kebanyakan. Hampir semua handphone telah memiliki fitur canggih untuk memudahkan penggunanya melakukan browsing. Jadikan aktivitas Anda di dunia maya sebagai suatu hal yang produktif, jangan hanya sekedar untuk update status "tak mutu" bukannya mengumbar aib. Banyak inspirasi dan ide yang bisa diformulasikan menjadi sebuah tulisan ketika Anda browsing internet.

2. Sambil Jalan-jalan (Traveling)

Setiap kali Anda bepergian bahkan kalau itu hanya sekedar jalan-jalan di akhir pekan, buatkan jurnal tentang berbagai peristiwa dalam perjalanan Anda tersebut. Buka mata Anda dan perhatikan hal-hal baru yang selama ini luput dari perhatian Anda. Buat catatan singkat tentang hal-hal yang baru dan berkesan tersebut.

3. Diskusi atau Obrolan Ringan

Mendengarkan di sini bukan berarti Anda "kepo" dengan permasalahan orang lain. Tetapi ketika berada di keramaian, di atas kendaraan umum, atau ketika mengunjungi taman-taman kota. Pelajari dan amati cara orang berbicara dan bagaimana mereka memandang suatu permasalahan hidup. Mengolah hasil pengamatan tersebut bisa Anda jadikan bahan untuk tulisan baru dengan melihat dari sudut pandang Anda sendiri.

4. Membaca Tanda Alam Sekitar

Bersantai di pematang sawah sambil menikmati riuhnya angina sore biasa saya lakukan disela-sela istirahat menulis. Atau hanya sekedar duduk dipinggir jalan sembari ngopi-ngopi bersama kawan bisa menjadi jalan terciptanya ide menulis. Alam semesta selalu menghadirkan keindahan untuk kita nikmati dari berbagai sisi. Syukuri apa yang sudah Anda dapari dari kebaikan semesta, kemudian biarkan nurani menelusuri milyaran inspirasi secara alami.

5. Rajin Membaca Buku

Banyak membaca adalah modal penting menjadi penulis hebat. Sebab ada pepatah mengatakan “Buku adalah Jendela Dunia. Semakin rajin membaca semakin banyak pula wawasan tentang sesuatu sehingga akan muncul ide-ide baru untuk ditulis kembali menjadi informasi yang relevan dengan kondisi sekarang. Perbendaharaan kata akan bertambah banyak dan semakin baik melalui kebiasaan membaca. Hal tersebut menjadi nilai tambah kepada kualitas tulisan Anda kedepannya.

6. Mulai Membuka Kamus

Ketika kehabisan ide, mulailah membuka kamus kemudian pilih beberapa kata secara acak. Cobalah meracik suatu formula baru dari kata-kata hasil pilihan tersebut. Bermula dari konsep dasar sederhana namun selalu benar: Tidak ada batasan dalam berkreatifitas. Juga tidak ada aturan baku soal cara berpikir. Setelah itu Anda akan terkagum-kagum melihat bagaimanca cara ini berhasil.

7. Nonton Film Inspiratif

Film tidak hanya sebatas tontonan semata, melainkan banyak tuntunan berharga didalamnya. Selalu terdapat kisah-kisah inspiratif yang melatarbelakangi terciptanya sebuah film. Bagaimana sang pembuat film ketika mengangkat alur ceritanya ke layar lebar itu kemudian bisa Anda pelajari untuk bahan tulisan. 

8. Mendengarkan Musik

Musik membuat suasana hati menjadi lebih rileks, terlebih jika mendengarkan lagu dari penyanyi favorit Anda. Musik instrumental juga cukup baik mendukung terciptanya suasana berbeda saat mendengarnya. Tak jarang melalui musik yang sering didengarkan akan muncul ide-ide kreatif untuk dituangkan menjadi bahasa tulisan unik

9.  Membawa Catatan Kecil

Bawalah catatan kecil dan pena ke manapun anda bepergian. Dengan cara itu saat anda mendapatkan ide anda bisa segera menuliskannya. Suatu saat nanti saat membaca ulang catatan tersebut maka anda mungkin saja menemukan 90% dari ide anda masih berbentuk draft. Tidak usah khawatir. Yang perlu Anda lakukan adalah memaksimalkan 10% sisanya agar hasil kreasi Anda lebih sempurna.

10. Metode Brainstorming

Melakukan brainstorm dengan baik dipercaya mampu menghadirkan lebih banyak ide-ide kreatif dan segar. Bahkan tak hanya sampai disitu, Anda akan mampu memilah mana yang terbaik dari ide tersebut. Cobalah pejamkan mata Anda sejenak, kemudian fokus membayangkan objek tertentu selama beberapa menit. Pertajam bayangan objek tersebut sedetail mungkin, setelah itu akan terasa terasa lebih rileks. Pada keadaan seperti itulah biasanya ide cerdas muncul ke permukaan dengan sendirinya. Selamat mencoba!

Demikianlah pembahasan kali ini tentang 10 Cara Dahsyat Mencari Ide Menulis. Semoga pemaparan diatas bisa memberikan manfaat bagi Anda terutama yang memilik tekad kuat menjadi penulis profesional. Tentu masih banyak cara lain diluar sana yang belum sempat saya ketahui . Untuk itu, silakan jika mau menambahkan tips-tips menulis melalui kolom komentar  dibawah. Jangan lupa berbagi kepada teman-teman jika dirasa tulisan ini bermanfaat. 

Comming Terms,

Read More

Serunya Pengalaman Ngeblog di Kampung Halaman

ngeblog di kampung halaman
Ngeblog di Kampung Halaman
Serunya Ngeblog di Kampung Halaman - Ngeblog adalah aktivitas menulis konten pada media blog, baik itu blog personal, blog perusahaan, blog sekolah maupun blog bisnis online sekalipun. Sedangkan konten adalah apa-apa yang ditampilkan pada blog. Konten blog bisa berupa tulisan (text), foto-foto (image), berupa video, atau gabungan dari ketiganya. Tidak ada batasan-batasa baku tentang konten seperti apa yang perlu dituliskan disana. Itu terserah sang penulisnya masing-masing.

Paragraf pertama diatas, saya rasa cukup sebagai pembuka topik utama kali ini tentang Ngeblog di Kampung Halaman. Ya.. Ternyata menulis di kampong halaman juga menyenangkan, tak kalah seperti ketika menulis di tanah rantau. Ngeblog di kampung bahkan cenderung lebih fokus, sebab didukung oleh suasana perkampungan yang damai jauh dari deru mesin dan kebisingan perkotaan.

kantor desa tenjonagara garut
Kantor Desa Tenjonagara Tercinta

Serunya Ngeblog di Tajur Kidul Tercinta

Tajur Kidul namanya. Pinggiran timur kota Garut dengan suasana pesawahan, kebun-kebun, serta pemandangan gunung-gunung indah menjulang menjadikan Tajur Kidul seperti surga bagi penghuninya. Keramahan masyaratknya membuat siapa saja yang berkunjung akan selalu disambut baik. Budaya gotong-royong dan kebersamaan masih sangat kental terasa di sini. 

Baca juga: Jenis Font pada Blog yang Paling Baik untuk Blogger

Kurang lebih sudah hampir 2 minggu ini saya menulis, mengelola, dan posting konten blog ANWARIZ.com dari sini, dari kampung halaman tercinta. Mengamati setiap jengkah keindahan kampung sendiri menjadi hal asing bagi saya. Alasannya, karena baru kali bisa menikmati kembali suasana pedesaan setelah 6 tahun ditinggal pergi merantau ke Bandung. Pada awalnya saya ke Bandung hanya untuk melanjutkan pendidikan,  namun kenyataannya saya mendapatkan projek kecil-kecilan di sana. Apa boleh buat, mau tidak mau pilihan tinggal (sampai saai ini) di Bandung harus saya ambil.

serunya ngeblog di kampung
Ngeblog di Kampung Halaman
Memanfaatkan kesempatan libur panjang ini dengan menulis beberapa judul artikel saya rasa akan jauh lebih berguna ketimbang hanya duduk diam dan tidur manis seharian. Intinya buat penulis sendiri, agar tetap terbiasa menulis sambil mendalami teknik ngeblog supaya selalu tampil maksimal. Selama ngeblog di kampung halaman tercinta ini tak terasa sudah 15 judul, beberapa sudah di posting. 

Berikut beberapa tulisan produksi asli Tajur Kidul..hehe

Lokasi Karacak Valley ; tulisan ini terinspirasi dari obrolan hangat bersama sahabat yang kebetulan baru pulang jalan-jalan dari Karacak Valley Garut.

Cara Bermain Pokemon Go; fenomena mewabahnya game besutan Niatics dan Nintendo hampir di seluruh dunia menjadi dalang dibalik pulikasi artikel tersebut.

Manfaat Teknologi Google untuk Belajar Online; saat tengah asyik browsing, blogwalking kemudian mendapatkan manfaat dari sana. Saya pikir apa salahnya jika pengalam ini dibagikan juga kepada pembaca seperti Anda. 
Pidi Baiq Quotes Terbaru; sebenarnya sudah lama ingin menulis tentang Ayah Pidi Baiq, namun baru sekarang terwujud. Sosok nyeleneh, absurd, kocak, tapi kata-kata pidi baiq selalu menarik untuk disimak.

Tips Menjadi Penulis Hebat; awalnya artikel ini hanya sebagai media memotivasi diri sendiri agar senantiasa ingat bahwa ngeblog bukan sekedar iseng, melainkan harus dilakukan secara profesional. 


Penutup

Pengalaman serunya ngeblog di kampung halaman ini akan saya bawa ke Bandung, sebab akan selalu rindu Tajur Kidul. Bagi saya, kampung halaman adalah motivasi terbesar kedua setelah keluarga untuk bisa berjaya di negeri orang. Banyak hikmah juga pelajaran dari aktivitas nganggur kepanjangan ini. Semoga akan muncul lebih banyak Blogger Hebat dari Garut. Salam Blogger!

Comming Soon...

Kampung Blogger Pertama di Garut
Blogger Hebat dari Priangan Timur
Blog Personal Terbaik
Read More

1001 Quote Pidi Baiq Populer Sepanjang Masa

quote pidi baiq
rosediana.net
promo google otomatis

Quote Pidi Baiq Paling Gokil, Populer, dan Terbaru – Sebelum menikmati untaian Kata Mutiara Pidi Baiq alangkah baiknya mengenal dulu makhluk apakah Pidi Baiq itu (Aduuuhh,,, Maaf Surayah…). Quote Pidi Baiq akan lebih mudah dipahami (walau sebenarnya absurd siiihh..) ketika sudah kenal kepada sosok inspiratif tersebut. Seperti pepatah kuno mengatakan, “Tak Kenal Maka... Ta’aruf”. Maksud saya, “Tak Kenal Maka Tak Sayang”. Untuk itu mari cari tahu sepintas siapa itu Pidi Baiq sang Penulis Novel Dilan 1990-1991 yang dulu terkenal.

Biografi Pidi Baiq

Pidi Baiq adalah seorang seniman dengan segudang kelebihan. Selain sebagai seorang musisi dan pencipta lagu bersama Band The Panas Dalam, ia juga seorang penulis, ilustrator, pengajar dan komikus. Dan hingga saat ini saya pun belum mampu menuliskan walau hanya sebatas biografi singkat beliau. karena memang beliau juga tidak mengetahui siapa dirinya. Hanya dia yang nampak di cermin kaca ketika ia bercermin. Haha…

Saya mau bercerita sedikit tentang perkenalan pertama kali dengan beliau. Saya masih ingat waktu itu di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia sedang mengadakan kegiatan Pengenalan Kampus (Bahasa akrabnya Masa Orientasi Kampus gitulah..), dalam rangkaian kegiatan tersebut ada sesi kuliah umum. 

Saya masih ingat acara tersebut diselenggarakan di Mesjid Al-Furqon UPI itu sendiri. Saat itu pembicaranya seorang pria tidak tanpan dengan gaya selengean, penampilannya cuek dengan topi miring dikepalanya (maksudnya dia pakai topinya dimiringkan gak jelas..hehe). 

Disana beliau memberikan kuliah umum kepada Mahasiswa Baru (termasuk saya, tapi sekarang sudah bukan mahasiswa juga bukan sarjana.. Nah lho kok bisa? Yaa, terserah saya dong… :D) dengan bahasa absurdnya namun asik juga untuk disimak, bahkan tidak jarang kata-katanya mengocok perut perserta kegiatan.

Selidik punya selidik beliau adalah Pidi Baiq atau akrab disapa Ayah. Sejak saat itulah mulai mengenal lebih jauh tentang sepak terjang si Ayah. Selain pengisi acara-acara seminar di kampus-kampus dia juga sebagai Imam Besar Republik The Panas Dalam sekaligus seorang musisi. 

Kumpulan Quote Pidi Baiq Tentang Cinta


"Aku mencintaimu, ini urusanku. Bagaimana engkau kepadaku, terserahlah, itu urusanmu (for Tera Errau)."

“Kau, jangan ada dirinya, jika memang dia pergi meninggalkanmu.”

“Kau boleh kecewa ditolak cinta, tetapi disebabkan oleh karena dia tidak mendapatkan dirimu yang ingin membahagiakannya.”

“Rindu adalah cara yang baik untuk membuat yang dirindu makin menjadi mempesona.”

"Orang yang kau anggap istimewa, mungkin akan menjadi biasa saja setelah kau dapatkan."

"Cinta lebih mudah dirasakan daripada harus dimengerti, itulah mungkin mengapa lebih butuh balasan daripada alasan."

“Aku adalah highlander, hidupku sudah 125 ribu kali, ini yang trakhir kali di bumi hanya untuk mencintaimu.”

"Aku selalu brdoa berharap kamu mau denganku, kukira Tuhan lebih berkuasa daripada kau."   

"Kau pikir aku mmperhatikanmu? Tidak, Sayang. Aku memperhatikan lingkunganmu, barangkali ada yg akan mngganggumu, kuhajar dia."

"Istrimu adalah wanita yang sudah bersedia dinikah olehmu."

"Silakan semua orang membenciku, aku masih punya diriku yang akan mencintaiku. Silakan diriku membenciku, aku tetapi tenang, karena itu tak mungkin."  

"Hatimu milikmu, kamu tuannya, mau merasa senang atau tidak, kamulah yang menentukan."

"Apa itu perpisahan? | Upacara menyambut hari-hari penuh rindu."

"Perpisahan tak menyedihkan, yang menyedihkan adalah jika habis itu saling lupa"

"Jadi, Sia-sia kata-kata. Aku sedang setuju. Kita pernah senang. Harus lagi. Mari mulai."

"Kadang-kadang aku brfikir, Tuhan sudah menjodohkan kamu denganku, ketika kau tak mau kau sudah berani menentang ketentuan-Nya dan menolak kemauanku."

"Kau sangat berharga, tidak bisa mudah kudapatkan hanya dengan bilang "Aku Mencintaimu". Ya, aku tahu dan sekarang kau sudah tahu bagaimana aku kepadamu."

"Kurang ajar! Selalu saja dia punya cara, untuk bisa membuat aku mencintainya. Merepotkan! (For Tera Errau)."

"Cinta kepada seseorang adalah urusan perasaan, jika engkau ingin mendapatkannya, segera menjadi urusan pemikiran."

"Kalau kamu galau, kamu sedang menikmati keresahanmu, bukan sedang menyelesaikannya."

“Tujuan pacaran adalah untuk putus, bisa karena menikah, bisa karena berpisah.”

“Jika bukan waktunya untuk aku mencintaimu, tapi aku tidak bisa menahannya.”

“Orang tampan mendekati perempuan akan berbeda hasilnya dengan orang jelek, meskipun dilakukan dengan cara yang sama.”

"Pada awalnya cinta itu bisa melihat, menjadi buta karena masuk ke dalam hati yang paling dalam."

"Sakit hati sebetulnya adalah potensi kreativitas, setidaknya dengan itu kau bisa membuat puisi."  


"Akan tiba waktunya engkau tak lagi kusukai, tetapi itu tak mungkin.

yang aku yakin itu tak mungkin"

"Dengan aku mengaku jelek, maka orang yang bilang aku jelek, itu bukan menghina, tetapi mendukung pernyataanku" 

"Kalau kau terlalu ambisius ingin berhasil, dengan sendirinya kau sedang menciptakan rasa takut mendapatkan kegagalan"

"Kalau aku sudah pandai, aku tak akan rajin lagi, takut kembali ke awal proses untuk mencapai pangkal"

Kumpulan Quote Pidi Baiq Tentang Kehidupan


“Sesungguhnya hidup ini adalah sendagurau, sekolah telah menyebabkannya menjadi serius.”

“Orang yang kepadamu menjelek-jelekkan orang lain, adalah dia juga yang akan menjelek-jelekkan kamu kepada orang lain.”

“Kita mau bagaimana pun, kekuatan bersumber dari diri sendiri, tak merasa jaya karena puja dan yakin tak akan mati karena caci.”

“Sayangilah orang yang ada di belakangmu dalam satu antrian, krn dia pun ingin kamu segera dapat giliran.”

“Kebahagiaan secara teknis adalah tujuan pencapaian, tetapi jiga bisa menyebabkan kecemasan karena takut itu akan berakhir.”

“waktu kecil disuruh-suruh makan, sudah besar disuruh-suruh kerja.”

“Sederhana itu tidak perlu harus lebih untuk merasa senang dan baik-baik saja.”

"Bahkan orang Jenius, pada masanya, dianggap gila!"

"Ada yang lebih kuat dari rasa takut, yaitu keberanian yang akan mengalahkannya"

"70 kali hatam membaca obat ramuan pengobatan, tidak akan menyembuhkan lukamu sampai engkau mempraktekannya"

“Aku tahu aku tidak dapat mengubah kehidupan, tapi mungkin aku bisa mengubah cara pandangku terhadap kehidupan.”

"Manusia tidak bisa terbang seperti burung karena bisa membuat pesawat terbang."

"Aku bingung mana yang lebih menyayangi anak-anak. Mungkin Kak Seto, tapi Syekh Puji tidak cuma bicara, dia menikahinya."

"Jauh-jauh ke Amsterdam, yang kudapat cuma rindu Indonesia. Di Malaysia juga ada!."

"Santai di dalam pembawaan, serius di dalam pemikiran, ya itu sangat baik."  

"Ya itu dia, ketika kamu sibuk berpikir mencari inspirasi, orang lain justeru sedang berkarya tanpa banyak pikiran."

"Aku imigran dari sorga yang diselundupkan ke bumi oleh ayahku di kamar pengantin dan tegang."

"Lelaki kemana ia pergi, mereka selalu naik burung."

"Kesenangan bukan dicari, tetapi diciptakan."

"Jika kau ingin sama dengan orang lain, tidakkah kamu merasa sedang mendzalimi dirimu yang khas?"

"Tidak ada satu pun manusia yang ingin dihina, aku juga, tetapi ketika aku ingin dipuji aku merasa sedang menghina diriku sendiri."

Kumpulan Quote Pidi Baiq Tentang Religi


"Neraka adalah tempat yang disediakan untuk mereka yang lolos dari hukuman dunia."

"Justeru kalau agamamu kuat, kau akan menghormati agama orang lain."

“Ya Allah, mudah-mudahan sederhana, tetapkanlah pikiran kami selalu melangit. Dan, dengan hati yang terus membumi.”

“Dalam setiap keliaran bawah sadarku, aku ingin yakin ada bayanganku yg selalu bersujud kepadaNya, agar terlepas dari belenggu kesombongan.”

"Bukan Tuhan yg harus kau cari, tapi carilah jawaban mengapa kau bodoh mencari yang sudah ada bersamamu." 

“Kau tak akan bisa sampai ke sorga tanpa kehidupan dunia ini sebagai kendaraannya.”

"Jika tidak ada bahu untuk bersandar. Selalu ada lantai untuk bersujud"

“Ikhlas membiarkan diri tenang, Pasrah membiarkan diri kalah.”

"Kuba tidak menerima bahasa Indonesia yang baik dan benar karena mereka tidak mengerti."

"Kerajaan Tuhan tak akan runtuh, bahkan ketika semua memaki-Nya." 

"Bahkan seorang pemabuk adalah guru bagiku, ketika dia teler dan nyungsep di comberan, dia mengajarkan aku untuk jangan jadi pemabuk.”

"Nabi Adam harusnya punya ibu untuk mengurusnya waktu bayi."

“Mungkin setan juga akan menyebut "Setan" kepada orang baik yang mengganggu tujuannya.”

"Ini bumi, tempat yang luas penuh kenangan. Ada sedih, ada senang, duka, suka, ketika bisa semuanya dirasakan, hati berfungsi dengan baik."

"Bagi kami yang jelek, sudah siap kalau besok jadi cakep. Yang cakep, siap gak kalau besok jadi jelek? Enggak kan? Enggak kan? Payah!"

"Ya inilah bumi, sebelum kita meninggalkannya. Tempatmu tumbuh, bersama yang lain, menjdi bagian dari cerita hidupmu, mudah-mudahan yang indah dikenang."

"Mungkinkah Malin Kundang terkenal kalau tidak durhaka?"

"Membalas dengan tidak mengakui dia sebagai anakmu, kukira itu lebih adil daripada mengutuknya menjadi batu."

"Di saat kunikmati, hidup ini indah. Dan langsung pusing ketika mulai kupikirkan."

"Kalau kau terlalu ambisius ingin berhasil, dengan sendirinya kau sedang menciptakan rasa takut mendapatkan kegagalan."

Kumpulan Quote Pidi Baiq Tentang Keluarga


“Terus terang, kalau aku pulang, tempatnya di atas pelangi yg indah, Tuhan, saya masih ingin di sini menemani ibu (Puisi SMA).”

“Ah, Bunda, siapa sih engkau? Cuma jantung di dalam hatiku.”

"Jangan takut ibu, ibu uangnya dari ayah. Jangan takut ayah, ayah takut sama ibu"

“Anak itu, waktu membuatnya tegang, waktu menunggu kelahirannya juga tegang.”

“Seni itu, mungkin spt aku rindu Amsterdam, tinggal kunikmati, tanpa harus kumengerti ("Manuskrip Amsterdam").”

“Mungkin ada org yang menulis untuk mengatakan kata hatinya, maafkan aku kalau salah, karena aku menulis untuk mndengarkan kata hatiku.”

“Aku tahu harta tak akan dibawa mati, tapi aku masih hidup, masih membutuhkannya.”

Kumpulan Kata-Kata Pidi Baiq Tentang Seni


“Jika keberhasilan karyamu diukur dari banyaknya rating, maka kau bukan seniman, melainkan buruh seni.”

"Aku sering harus seperti gila untuk menjadi nyaman berkarya."

"Seni budaya tradisional yang kini diselenggarakan orang dengan serius adalah yang dulu diciptakan orang atas dasar bermain-main."

"Gitarku harus keren, setidaknya untuk menutupi akunya yang tidak."

“Syair lagu The Panasdalam adalah suka cita kata-kata, untuk membungkus maksud yang sesungguhnya.”

“Kebutuhan akan inspirasi adalah kebutuhan pelaku seni yang masih amatir.”

Kumpulan Quote Pidi Baiq Tentang Nasionalisme


"Kemiskinan, mungkin bukan masalah bagi rakyat Indonesia, seandainya pejabatnya juga sama miskin."

“Untuk berkembangnya sebuah kebudayan, dibutuhkan seorang pemberontak .”

"Jangan takut polisi, kalau tidur kita gilas." 

"Kewarganegaraan adalah urusan administrasi."

“Tirani Kekuasaan sering akan menyalahkan Kebenaran apabila hal itu dianggap merongrong.”

“Kalau Rhoma Irama begadang malam ini, pasti ada artinya. Tidak mungkin tidak, kecuali dia menasihati apa yang ia sendiri tidak melakukannya.”   

“Saat aku jengkel, aku akan melihat sifat buruk manusia termasuk diriku.”

“Manusia selalu ingn punya tempat khusus, bahkan hanya untuk tinjanya.”

“Ada yang lebih besar dari rasa takut, yaitu keberanian yang akan mengalahkannya.”   

"Ketika malam, semua berkumpul dalam kepala, lebih berwarna, lebih hidup. Ya. Dan rindu, menjadi sesuatu yang jauh lebih mendesak ketika bisu."   

"Aku mungkin salah, tapi bahagia ketika berkarya dengan berusaha menjauh dari prinsip-prinsip umum yang sama skali tidak mendasar."

“Waktu akan membuatku lupa, tapi yang aku tulis akan membantu membuatku ingat.”

“Kalau kehidupan ini palsu, kenapa uangnya harus asli?.”

“Sahabat adalah dirimu yang kedua.”

“Aku harus pergi dulu dari rumah kalau aku ingin pulang ke rumah.”

“Tetap tenang, hanya itu caranya kalau kamu ingin tetap tenang.”

“Dengan aku mengaku jelek, maka orang yang bilang aku jelek, itu bukan menghina, tetapi mendukung pernyataanku.”

“Tangan dicuci dengan air, mulut dicuci dengan pisang. Aku mlihat ada manusia yg membedakan tangan dan mulutnya dengan cara begitu setelah makan.” 

“Kesalahanku adalah ketika aku merasa paling benar.”

“Lagu yang dia bikin untuk mengacu pada selera umum akan tercerabut dari kemauannya sendiri.”

“Bersatu untuk nafsu kkuasaan. Berpolitik untuk kepentingan sendiri. Berkuasa untuk meraih kenikmatan. Berkampanye untuk meraih semua itu.”

“Puisi Khairil Anwar mungkin bagus, tetapi ia ada di masa lalu, hari ini adalah milikmu.”


“Kita bersaing karena kita sama.”

“Aku tidak akan membantah suatu teori jika aku berkarya bergantung pada itu.”

“Pikiran sesungguhnya bisa berperan mengubah perasaan menjadi ringan, juga sebaliknya."

“Petani miskin bukan disebabkan oleh hama, tetapi oleh tata niaga yang tidak adil.”

“Kau akan mati, apa sebelum itu, supaya berguna saat di bumi.”

“Macan tidak tahu bahwa dirinya bernama macan.”

“Ketika kau masuk ke dalam kepalaku, kau hanyalah image yang sesungguhnya tidak lebih indah seperti yang kubayangkan.”

“Yang membuat galau bukan dirinya, tetapi penilaianmu yang berlebihan tentang dirinya.”

“Kalau ingin aman berjalan di tengah malam, kau jangan berjalan merangkak seperti seorang maling.”

“Manusia sempurna adalah justeru yang memiliki kekurangan dan kelebihan.”

“Sekikir-kikirnya manusia, pasti akan memberi makan toilet.”

“Katanya perbedaan itu adalah rahmat, tetapi dia sendiri menyur siswa untuk seragam.”

“70 kali hatam membaca obat ramuan pengobatan, tidak akan menyembuhkan lukamu sampai engkau mempraktekannya.”

"Sesungguhnya aku ini masih muda, anak-anakkulah yang telah menyebabkan aku menjadi orangtua."

"Aku yang akan membenarkan koruptor, apabila dia melakukan tindakan korupsi, karena itu memang tugasnya."

"Bumi yang selama ini kau injak-injak, adalah bumi yang terus berputar, menunggu waktu yg tepat untuk menelanmu."

"Aku bukan manusia sempurna, merasa tidak pantas menggunakan EYD, ejaan yang sudah disempurnakan."

"Tidak ada manusia yang suka dihina, tetapi dia yang ingin dipuji adalah menghina dirinya sendiri."

"Masa lalu adalah urusan perasaaan, masa depan adalah urusan pemikiran."

"The Panasdalam: Dengan musik, kami tunjukkan kelemahan kami di dalam bermain musik."

"Aku membuat band, bukan untuk terkenal, melainkan untuk bermain musik."

"Musik adalah perasaan yang bisa didengar."

"Kalau Tuhan menampakkan diri-Nya, maka Dia tidak adil, karena orang buta tak bisa melihat-Nya."

"Perempuan menyukai karena mendengar, laki-laki menyukai karena melihat."

"Tanpa nasi, hanya akan ada onalisme, tak akan ada nasionalisme."

"Jangan tanya apa yang sudah negara berikan padamu, tapi tanya apa yang sudah negara ambil darimu."

"Bukan Tuhan yang harus kau cari, tapi jawaban, mengapa kau bodoh, mencari yang sudah bersamamu."

"Orang yang kau pilih waktu pemilu adalah dia yang dengan sirine polisi akan menyuruhmu minggir di jalan raya."

"Rakyat adalah mulut yang menjadi bisu karena diambil suaranya waktu pemilu."

"Jangan sedih, nanti rugi, karena kita dilahirkan oleh sebab orang tua yang bersenang-senang."

"Tetap tenang, manusia adalah minitaur alam semesta, lebih luas dari cacian, lebih besar dari pujian."

"Mudah-mudahan kita kuat, sekuat kehidupan, cinta dan pemahaman. Kegagalan dan merasa sedih tidak selalu berarti kekalahan."

"Hidup kami, mati kau, Plagiator!."

"Ini aku, entahlah kalau kalian, tapi tujuanku kuliah adalah agar nanti bisa reuni."

"Guru adalah masa lalu, murid-murid adalah masa depan, yang harus saling memahami."

"Pada dasarnya semua manusia itu bisa memasak, selama tujuannya untuk membuat masakan yang tidak enak."

"Kau pikir, aku tidak punya kata-kata buruk? Punya, tetapi tidak aku ungkapkan, karena aku bukan dirimu."

"Kalau kamu benar, jangan merasa paling benar. Aku pun kalau salah, tidak akan merasa paling salah."

"Di atas kita kini langit, di atas kita nanti tanah."

"Jangan marah-marah. Marah bikin susah. Kalau mau marah-marah, masuklah kau ke dalam tanah."

"Kukira, aku tidak akan pernah berada di masa depan, karena nyatanya, aku selalu berada di hari ini, yang harus lebih baik dari kemarin."

"Aku memang malas bangun pagi, tapi aku rajin bangun siang."

"Tenang saja, perpisahan tak menyedihkan, yang menyedihkan adalah, bila habis itu saling lupa."

"Si Odah memang pembantuku, tapi aku juga pembantu si Odah, disuruhnya mencari uang untuk membayar uang bulanannya."

"Kalau bukan karena ada Barcelonanya, sudah lama TiVi di rumahku akan ku jual."

"Semua orang bisa menarik gas sekuat dia bisa, sampai 3000 cc, tapi yang membuat ngebut adalah nyali."

"Kita mencintai tanah air, orang asing mencintai apa yang dikandungnya. Kita mendapat tanah longsor dan air banjir, orang asing mendapat intan emas berlian."

"Pergi keluar rumah untuk apa pun yang engkau lakukan, tujuannya adalah kembali ke kamar tidur."

"Laut itu luas menyenangkan, ikannya warna-warni dan bikini di tepinya, tapi aku ini ikan air tawar, ketentramanku tinggal di empang."

"Ayam adalah binatang cerdas, dia tau bagaimana caranya masuk ke dalam rumah tanpa bisa kuusir, menyamar menjadi ayam goreng."


Kumpulan Quote Pidi Baiq Tentang Bandung

"Bandung bukan cuma masalah geografis, bagiku, tetapi juga melibatkan perasaan."-Pidi Baiq (Quote ini diabadikan di dinding terowongan salah satu jalan di Kota Bandung)

"Kalau kamu ke Bandung di malam minggu atau pada waktu long week end, kamu tak akan menemukan Bandung yang sebenarnya."

"Kalau karena aku bangun siang, nanti rizkiku dipatok ayam. Biarlah, nanti ayamnya kumakan juga."

Kata-Kata Pidi Baiq Tentang Pendidikan

“Kebenaran di sekolah selalu berada di luar diri siswanya, yaitu kunci jawaban namanya.”

“Kalau aku sudah pandai, aku tak akan rajin lagi, takut kembali ke awal proses untuk mencapai pangkal.”

"Bukan nama kampusnya yang harus kau junjung, tapi ilmu pengetahuannya yang harus kau sebarkan."

"Murid yang nyontek mungkin disebabkan oleh karena mereka merasa dirinya bukan mesin yang bisa hafal semua."

“Kalau tujuan kuliah adalah untuk bekerja, ya setuju, bekerja menyelesaikan tugas kuliah.”



Penutup

Setelah menyimak sederet Quote Pidi Baiq jangan sampai Anda terbawa oleh keabsurdannya ya. Ambil hikmah dibalik kata-kata mutiara dan celetukannya yang bermakna. Jika diamati lebih dalam kata kata pidi baiq ini mengandung makna mendalam untuk kita terapkan di kehidupan sehari-hari. Saya lebih suka menyebut beliau sebagai seorang filsuf kekinian. 

Sampai di sini dulu perjumpaan kita, tetap setia membaca artikel motivasi di anwariz.com. OK! Oh yaa.. Jangan sungkan untuk membagikan postingan ini kepada orang-orang terkasih.
Read More